Widget HTML Atas

Solusi penayangan iklan adSense telah dibatasi dan penyebab trafik tidak valid

Solusi penayangan iklan adSense telah dibatasi dan penyebab trafik tidak valid

Solusi penayangan iklan adSense telah dibatasi dan penyebab trafik tidak valid
gambar pemberitahuan iklan AdSense dibatasi


Apa yang harus dilakukan ketika Google memberi tahu Anda bahwa penayangan iklan telah dibatasi? 

    Batas penayangan iklan telah menjadi masalah umum di antara penayang AdSense, entah itu iklan AdSense di blog juga di channel youtube. Traffic tidak valid menjadi tema utama Google sepanjang tahun dan telah terjadi peningkatan tindakan penegakan hukum dalam upaya melindungi ekosistem periklanan digital dari penipuan dan pengalaman iklan yang buruk.

   Melihat peringatan bahwa penayangan iklan telah dibatasi di dashboard akun AdSense dan di email anda bisa membuat anda pusing, karena akan berakibat pada pendapatan dari blog atau channel youtube anda. Melalui panduan ini, kami akan membantu Anda memahami apa yang harus dilakukan jika penayangan iklan AdSense Anda telah dibatasi dan juga bagaimana mencegah hal ini terjadi sejak awal.

Daftar isi : 

  • Apa itu batas penayangan iklan?
  • Mengapa Google membatasi penayangan iklan?
  • Apakah penayangan iklan terbatas memengaruhi AdSense dan Ad Exchange?
  • Apa yang harus dilakukan jika penayangan iklan AdSense Anda terbatas
  • Bagaimana penerbit mencegah penayangan iklan dibatasi?


Apa itu batas penayangan iklan AdSense?

Cara mengatasi pembatasan penayangan iklan AdSense
gambar notif pembatasan penayangan iklan AdSense


    Batas penayangan iklan adalah penegakan tingkat akun yang membatasi jumlah iklan yang dapat ditampilkan oleh akun AdSense anda, entah di website atau di youtube. Penayangan iklan terbatas memengaruhi penghasilan penayang secara langsung karena lebih sedikit iklan yang ditampilkan kepada pengguna yang berarti lebih sedikit klik dan tayangan, akibatnyalebih sedikit pendapatan.

    Tindakan penegakan biasanya bersifat sementara yang berlangsung sekitar 14 hari sampai 30 hari, tetapi ini bisa memakan waktu lebih lama dalam keadaan tertentu. Biasanya ada dua alasan mengapa Google mungkin menempatkan batas penayangan iklan pada akun AdSense, dan yang berlaku untuk Anda akan ditampilkan di bawah "masalah" di samping pemberitahuan status akun:

Akun sedang dinilai: Google memantau profil lalu lintas Anda untuk menilai kualitas lalu lintas situs web Anda dan mendeteksi aktivitas tidak valid.

Masalah lalu lintas tidak valid: Google telah mendeteksi masalah lalu lintas tidak valid yang mungkin secara artifisial meningkatkan pendapatan penayang dan biaya pengiklan. Lalu lintas (traffic) tidak valid biasanya terjadi karena adanya trik untuk meningkatkan jumlah visitor tapi bukan berasal dari pencarian Google (organik visitor). Sumber lalu lintas tidak valid yang berasal dari robot atau aplikasi bot traffic dan Jingling adalah salah satu sumber masalah dibatasi penayangan iklan AdSense anda.

    Kedua masalah tersebut terkait erat dengan "Masalah Lalu Lintas Tidak Valid" yang lebih parah dari keduanya. Keduanya akan mengakibatkan sebagian besar tayangan AdSense/AdMob tidak terisi oleh Google, yang dapat berdampak sangat parah pada pendapatan.

Mengapa Google membatasi penayangan iklan?

    Batas Penayangan Iklan digunakan oleh Google untuk membatasi dampak lalu lintas tidak valid saat mereka "menyelidiki" potensi masalah dengan beberapa inventaris. Mirip dengan perilaku konfirmasi Klik yang ditakuti (AKA hukuman dua klik), ini adalah taktik yang memungkinkan mereka melindungi pengiklan dari suatu masalah sambil menentukan apakah benar-benar ada masalah yang perlu dikhawatirkan. Sementara penayangan iklan terbatas, tag AdSense akan tetap dipanggil, memungkinkan Google untuk menganalisis setiap permintaan. Lebih sedikit dari tayangan iklam yang terisi di halaman, yang berarti pendapatan yang jauh lebih rendah.

    Ini tampaknya merupakan proses otomatis. “Investigasi” ini bukanlah Google secara manual melihat kinerja akun Anda, tetapi hanya lalu lintas Anda yang mendapatkan perhatian lebih besar dari sistem otomatis Google. Karena itu sering seringlah cek analitik website anda untuk mengetahui jumlah visitor dan sumber lalu lintas yang masuk ke blog anda.

    Membatasi penayangan iklan hanyalah salah satu alat yang digunakan Google untuk memerangi Lalu Lintas Tidak Valid di jaringannya. Lalu Lintas Tidak Valid (atau IVT) adalah istilah umum untuk lalu lintas di ekosistem iklan yang bukan berasal dari keinginan manusia. Ini termasuk bot, klik yang tidak disengaja, klik-penipuan, dan lalu lintas berinsentif. Pengiklan tidak mendapatkan nilai dari lalu lintas ini dan mengurangi pembelanjaan di tempat yang muncul, jadi mengurangi IVT adalah kepentingan jangka panjang semua orang – bahkan jika metode yang digunakan bisa sangat menyakitkan dalam jangka pendek.

Apakah penayangan iklan terbatas memengaruhi AdSense dan Ad Exchange?

    Pada saat penulisan, kami hanya mengetahui bahwa penayangan iklan dibatasi hanya berlaku pada iklan AdSense saja, bukan dengan solusi monetisasi premium Google, Ad Exchange. Ini mungkin karena sistem belum ditambahkan ke Ad Exchange, tetapi kemungkinan besar sistem tersebut tidak akan pernah terlihat di akun Ad Exchange. Ada lebih banyak akun AdSense daripada akun di Google Ad Exchange. Ini berarti bahwa AdSense cenderung menggunakan lebih banyak sistem otomatis dan pembelajaran mesin sehingga mereka dapat memberikan dukungan pada skala yang dibutuhkan AdSense. Penayang dengan akun Ad Exchange lebih cenderung menerima panggilan dari perwakilan Google mereka jika ada masalah kualitas lalu lintas, sedangkan AdSense lebih mengandalkan proses otomatis untuk kontrol kualitas.

Apa yang harus dilakukan jika penayangan iklan AdSense Anda terbatas

    Setelah dihantam dengan penayangan iklan terbatas, sebagian besar penerbit hanya menunggu notif/pemberitahuan batas dicabut. Apa pun yang dilakukan penerbit, penayangan iklan mereka akan dibatasi sampai Google puas bahwa ia telah menganalisis data yang cukup dan yakin bahwa tidak ada masalah. Yang membuat frustrasi, ini berarti bahwa menghapus AdSense (untuk menayangkan iklan alternatif misalnya) dapat berarti batasan yang diberlakukan lebih lama sementara Google mengumpulkan data. Karena alasan ini, kami tidak menyarankan untuk menghapus tag AdSense.

    Apa yang dapat dilakukan penerbit adalah memaksimalkan peluang mereka untuk melakukan pengujian mengenai penyebab apa saja yang mengakibatkan iklan AdSense mereka dibatasi oleh Google. Meskipun mungkin sulit untuk mendiagnosis masalah saat Anda tidak dapat melihat iklan ditayangkan, Anda masih dapat menelusuri situs dan akun Anda untuk mengatasi masalah yang dapat menyebabkan lalu lintas tidak valid:

1. Periksa sumber lalu lintas Anda : Apakah Anda yakin bahwa Anda tidak memiliki lalu lintas signifikan yang bukan berasal dari manusia yang benar-benar tertarik dengan konten Anda? Jika tidak, matikan blokir sumber yang berpotensi bermasalah

2. Periksa penempatan iklan : Klik yang tidak disengaja adalah sumber umum lalu lintas tidak valid. Bahwa Anda memiliki ruang yang cukup antara iklan dan elemen lain yang dapat diklik pada semua jenis perangkat umum. Periksa apakah navigasi tidak mencakup iklan dan penempatan tidak akan mendorong klik (seperti berbaris dengan gambar atau dekat tombol berikutnya). Pertimbangkan apakah cara Anda menyisipkan iklan mungkin menyebabkan penempatan bermasalah (ini termasuk "Iklan otomatis" serta plugin penyisipan iklan).

3. Periksa pusat kebijakan : Banyak penayang tidak menyadari bahwa lalu lintas tidak valid dapat menyertakan iklan yang ditayangkan di luar kebijakan yang diizinkan. Pusat kebijakan AdSense dapat menyertakan banyak petunjuk di mana Google memiliki masalah dengan penayangan iklan Anda. Kerjakan poin yang ditandai dan perbaiki.

Haruskah saya menghapus semua unit iklan saya dan membuatnya kembali?

    Kami telah melihat situs lain menyarankan agar penayang menghapus semua unit iklan AdSense mereka dari akun, menghapus kode dari halaman, dan membuat ulang unit tersebut. Situs-situs ini melaporkan bahwa masalah penayangan iklan terbatas kemudian diperbaiki sendiri dalam beberapa minggu.

    Ini bukan cara atau solusi yang saat ini kami rekomendasikan. Di mana kita telah melihat pendekatan ini digunakan, tidak jelas apakah masalah itu diselesaikan karena perubahan atau akan diselesaikan dalam waktu yang sama. Meskipun tidak jelas apakah itu berhasil, secara teoritis dapat bekerja dengan mengganggu pelaporan internal Google daripada mengatasi penyebabnya atau memberi waktu kepada Google untuk mendapatkan kepercayaan dalam penempatan. Karena itu, tampaknya tidak disarankan, karena masalah penayangan iklan yang terbatas tampaknya lebih mungkin terjadi kembali.

Bolehkah menggunakan jasa pengaktifan kembali akun AdSense yang dibatasi ?

    Kami semakin menyadari bahwa penerbit yang mendiskusikan opsi ini secara terbuka didekati oleh orang-orang yang mengklaim bahwa mereka dapat memperbaikinya untuk mereka. Orang-orang ini umumnya menjanjikan hasil yang cepat tanpa penjelasan yang meyakinkan tentang bagaimana mereka akan memperbaiki masalah. Sebagai bagian dari proses, mereka biasanya akan meminta akses ke sistem sensitif seperti akun AdSense, Ad Manager, Search Console, dan/atau login atau pembayaran situs web di muka.

    Sebaiknya kita harus sangat berhati-hati saat membagikan akses ini. Banyak penipuan yang menargetkan penerbit dimulai dengan permintaan yang sama. Saran kami adalah untuk tidak membagikan akses tersebut dengan individu dan perusahaan yang belum memiliki hubungan baik dengan Anda kecuali mereka telah diperiksa sebagai bagian dari Program Penayang Bersertifikasi Google (GCPP).

Bagaimana penayang dapat mencegah penayangan iklan dibatasi?

    Sebagai penayang, kita bertanggung jawab untuk memastikan kualitas lalu lintas yang kita kirim ke mitra iklan kita. Ini tidak hanya membuat akun kita tetap dalam performa yang baik tetapi juga membantu memastikan tawaran yang kuat dan pendapatan jangka panjang yang baik. Dalam praktiknya, itu bisa sulit. Penayang tidak memiliki keterlihatan yang sama pada kualitas lalu lintas seperti yang dilakukan mitra seperti Google. Ada beberapa langkah yang dapat kita ambil untuk mencegah masalah kualitas lalu lintas:

Bermain adil sesuai ketentuan peraturan penyang iklan Google AdSense

    Sebagian besar penerbit tidak bermaksud menipu pengiklan agar tidak mendapatkan uang, dan mereka yang kemungkinan besar tidak akan membaca panduan ini. Namun, terkadang sulit untuk membuat perubahan yang memiliki dampak biaya jangka pendek. Penayang akan sering melihat (misalnya) unit iklan yang memiliki RKT tinggi yang tidak terduga, dan lambat menerapkan perbaikan yang menghabiskan biaya. Kelambanan ini dapat merugikan jika pengiklan mulai mengurangi tawaran, penayangan iklan dibatasi, atau dalam kasus terburuk akun ditangguhkan.

    Berhati-hati dalam menyediakan inventaris iklan yang memberikan nilai bagi penayang adalah cara yang baik untuk mempromosikan kesuksesan jangka panjang. Lagi pula, penerbit berpenghasilan tertinggi tidak sampai di sana dengan menipu pengguna mereka agar mengklik iklan secara tidak sengaja.

Cari pola aneh

    Sebagian besar penayang AdSense akan terbiasa dengan RKT unit iklan utama mereka, tetapi kapan terakhir kali Anda melihat rasio klik-tayang relatif unit menurut Geo? Atau Browser, atau waktu? Pembatasan penayangan iklan AdSense tidak selalu ditunjukkan dengan CTR yang tinggi, tetapi pola CTR yang tidak biasa tentu bisa menjadi indikator suatu masalah.

    Memeriksa pola-pola ini secara berkala dapat menjadi cara yang berguna jika mengidentifikasi masalah lebih awal dan mengatasi masalah sebelum terjadi. Namun, teknik yang sama dapat menjadi sangat penting jika Anda mencoba memecahkan masalah dengan penayangan iklan yang dibatasi.

    Kabar baiknya adalah Anda sudah memiliki alat untuk melakukan ini. Pelaporan AdSense memberikan perincian yang luar biasa dan memungkinkan penayang untuk memilah-milah data dengan berbagai cara yang menarik.

Laporan – Google Adsense

    Misalnya unit iklan ini memiliki RKT keseluruhan hanya 0,77%, tetapi pengguna di Amerika 45X lebih mungkin mengeklik unit yang sama.

    Jika Anda memiliki akun Google Analytics yang ditautkan ke AdSense, maka Anda memiliki lebih banyak opsi. Menganalisis kinerja berdasarkan perangkat atau sumber lalu lintas dapat memberikan hasil yang sama menariknya. Namun berhati-hatilah jika seseorang dengan sengaja menargetkan situs web Anda dengan lalu lintas tidak valid, mereka dapat memblokir skrip Analytics agar tidak berjalan.

Blokir lalu lintas yang buruk

    Jika Anda mengidentifikasi pola lalu lintas yang buruk, tindakan terbaik adalah tidak menayangkan iklan ke lalu lintas tersebut. Jika Anda menggunakan server iklan, seperti Google Ad Manager, ini dapat dilakukan dengan menyesuaikan lalu lintas Anda. Jika Anda menggunakan "tag di halaman" (yang dilakukan sebagian besar penayang AdSense), Anda dapat menggabungkan tag tersebut dalam beberapa logika server tambahan untuk memastikan bahwa halaman ditayangkan tetapi iklan tidak ditayangkan ke segmen audiens yang dicurigai. Pendekatan yang lebih sederhana seringkali hanya memblokir lalu lintas itu sepenuhnya, baik dengan menambahkan beberapa aturan akses ke file htaccess Anda atau menggunakan firewall. Pertimbangkan layanan seperti Cloudflare jika Anda tidak menggunakannya, dan konfigurasikan ulang jika Anda menggunakannya

    Banyak penerbit sudah akan menggunakan Cloudflare dalam peran utamanya sebagai layanan CDN / Optimasi yang mempercepat situs web mereka untuk penggunanya. Cloudflare sangat bagus untuk itu, tetapi juga bisa sangat membantu dalam memerangi lalu lintas tidak valid.

    Aturan firewall: Pada saat penulisan, aturan firewall hanya tersedia di tingkat Pro Cloudflare dan di atasnya, tetapi dengan biaya berlangganan $20/bulan. Dengan menggunakan aturan Firewall, Anda dapat dengan mudah menerapkan aturan untuk memblokir atau menantang lalu lintas yang cocok dengan segmen yang dicurigai.

Mode pertarungan bot: Opsi yang kurang dikenal, tetapi sangat baik adalah mode pertarungan bot Cloudflare. Ini adalah sebagian besar pengaturan lepas tangan yang tersedia bahkan untuk domain di tingkat Cloudflare gratis. Setelah diaktifkan, Cloudflare akan secara otomatis mencari tanda-tanda perilaku bot dan mencegat lalu lintas itu. Kami telah melihat hasil yang baik dengan ini dengan situs kaya informasi yang sering menjadi target "lalu lintas tidak valid yang tidak canggih" seperti pencakar.

Perhatikan letak dan penempatan jarak iklan Anda

    Salah satu penyebab paling umum dari klik yang tidak disengaja adalah jarak yang buruk antara unit iklan dan elemen aktif, seperti navigasi dan tombol. Ini khususnya masalah pada ponsel di mana akurasi jari jauh lebih buruk daripada mouse pada komputer atau laptop. Klik yang tidak disengaja mengakibatkan penerbit membayar untuk lalu lintas berkualitas rendah karena pengiklan akan mengurangi tawaran. Contoh umum dari hal ini adalah navigasi yang membentang di atas iklan dan unit iklan yang dekat dengan tombol dan navigasi.

Jangan biarkan iklan disalahartikan sebagai konten

    Penyebab umum lainnya dari klik yang tidak disengaja adalah ketika iklan diformat agar terlihat seperti konten. Jika pengguna mengeklik iklan yang mereka yakini sebagai konten, kemungkinan besar mereka akan mengeklik kembali atau menutup saat mereka tiba di situs yang tidak terduga. Ini akan menjadi tanda yang jelas dari klik yang tidak diinginkan ke Google. Ini adalah situasi lain di mana penayang terkadang enggan menerapkan perubahan yang mengurangi pendapatan jangka pendek mereka, tetapi masalah tersebut dapat menyebabkan masalah yang serius pada akun AdSense anda.

Hati-hati saat membeli lalu lintas (paid traffic)

    Ada banyak kebingungan seputar AdSense dan AdX dan lalu lintas berbayar, tetapi sebenarnya cukup sederhana. Tidak ada yang salah dengan membeli lalu lintas untuk situs Anda, tetapi lalu lintas itu harus asli. Lalu lintas asli tidak hanya berarti pengguna manusia. Pengguna tersebut harus mengunjungi situs Anda dengan niat yang tulus. Lalu lintas yang lebih murah akan sering datang dari pengguna yang tertipu untuk mengunjungi (pop-under, toolbar, pengalihan, dll) atau diberi insentif untuk melakukannya (bayar untuk menelusuri program, dll).  

    Hal lain yang harus diwaspadai adalah perusahaan-perusahaan yang secara efektif menjadi reseller lalu lintas, membeli lalu lintas mereka dari satu situs dan menjualnya ke situs lain. Karena ada insentif kuat bagi sumber asal untuk mengirimkan lalu lintas berkualitas rendah, yang akan melewati sistem dan akhirnya memengaruhi akun Anda. Layanan rekomendasi konten dapat rentan terhadap hal ini. Bahkan yang paling terkenal karena mereka menjalankan jaringan yang luas dan tidak memiliki insentif yang besar untuk kualitas lalu lintas.

    Lalu lintas yang dibeli langsung dari sumber tingkat atas seperti Google Ads, Facebook, dan situs konten terkenal umumnya aman, tetapi merupakan ide bagus untuk memperkenalkan sistem kualitas lalu lintas tambahan jika Anda membeli dari sumber lain.

Cara mengembalikan iklan dari pembatasan penayangan iklan AdSense

    Biasanya para blogger merasa pusing ketika mendapati pemberitahuan bahwa akun penayang dibatasi jumlah tayangan iklan di situs. Dan tentu mereka akan mencari solusi agar iklannya bisa kembali tayang secara normal. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai solusi agar hukuman pembatasan penayangan iklan segera selesai.

  1. Ketahui hal yang menyebabkan Google membatasi tayangan iklan, apakah karena traffik tidak valid/sah, atau karena rasio klik iklan (RKT) terlalu tinggi.
  2. Cabut atau hapus kode iklan dari template atau widget tata letak di blog anda.
  3. Pastikan blog memiliki visitor organik yang bersumber dari pencarian Google (googling) setiap hari.
  4. Jangan membagikan postingan artikel ke media sosial seperti Facebook selama waktu pembatasan iklan (suspend).
  5. Ganti tema atau template blog anda sementara. 
  6. Jika notifikasi atau pemberitahuan pembatasan iklan sudah hilang pada dashboard akun AdSense anda, segera pasang kembali kode iklan, masih menggunakan template pengganti. 
  7. Jika penayangan iklan sudah kembali normal di blog anda, maka anda bisa kembali mengganti template dengan yang sebelumnya atau yang anda sukai.

    Demikianlah penjelasan tentang penyebab utama yang mengakibatkan penayangan iklan AdSense dibatasi pada blog atau website, serta cara menghindari trafik tidak valid, dan cara agar iklan bisa kembali tayang di blog. Semoga bermanfaat! 

Baca juga  Google form : membuat kuis dan pertanyaan serta jawaban otomatis


Tidak ada komentar untuk "Solusi penayangan iklan adSense telah dibatasi dan penyebab trafik tidak valid"