Widget HTML Atas

12 Alat Musik Bali Tradisional, Cara Memainkannya dan Bahan Pembuatannya, Dilengkapi Gambar

12 Alat Musik Bali Tradisional, Cara Memainkannya dan Bahan Pembuatannya, Dilengkapi Gambar

Alat musik tradisional Bali
Gambar alat musik tradisional Bali


Ketika Bali menyimpan adat istiadat yang beda dari lainnya, kita sebagai bangsa Indonesia tentu sangat bangga. Dan itu menjadi salah satu kekayaan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia salah satunya budaya Bali.

Diantara adat dan kebudayaan di Bali yaitu alat Musik Bali yang unik dan beda dari jenis alat musik lainnya di Indonesia maupun di dunia. Terlebih lagi dengan nuansa agama hindu yang kental, sejak dulu Bali sudah dikenal dengan sebutan Pulau Dewata. Nggak salah banget, kalau banyak musik khas di daerah yang satu ini. Jadi, kalau kalian ke Bali jangan hanya ke wisata pantainya aja ya.

Ada banyak identitas kebudayaan dan peradaban yang perlu kalian eksplorasi di sana. Dijamin, bakalan menciptakan pengalaman yang benar-benar baru dalam kehidupan kalian. ya sekali-kali mengenal alat musik lah, jangan pantai aja dan bule-bulenya, hehe.. Kalian pasti sudah pada penasaran kan dengan alat musik dari Pulau Dewa ini kan? Yuk simak daftarnya berikut ini:

Nama-nama Alat Musik Tradisional Bali

Kita sudah masuk di pembahasan utamanya, disini kami akan menjelaskan banyak hal tentang alat musik khas Bali, mulai dari proses pembuatan alat musik tersebut, cara memainkannya, hingga mungkin aja sejarahnya. Jadi, sayang banget kalau kalian melewatkan secuil aja penjelasanku setelah ini.

Apa aja macam-macam alat musik khas Bali? Inilah 12 Alat musik Bali yang harus kalian ketahui beserta keterangannya. 

1. Seruling Bali

Alat musik seruling Bali
Gambar seruling Bali


Untuk yang pertama ini, kalian pasti tahu kan bentuknya? Jelas lah! Memang hampir sama sih dengan suruling lainya. Akan tetapi alat musik tradisional seruling Bali ini beda. Terbuat dari bahan dasar bambu dengan 6 buah lubang. Lubang ini fungsinya untuk mengatur nada.

Memang di beberapa daerah di nusantara juga memiliki alat musik tradisional seruling. Tapi tetap aja ada perbedaan dengan alat musik seruling Bali yang satu ini. Kalau suaranya sih, hampir sama kayak seruling pada umumnya.

Sedangkan untuk cara memainkan alat musik seruling bali ini adalah ditiup. Ketika meniup kalian harus melakukan teknik bernapas melalui hidung dan secara bersamaan mengeluarkannya lewat mulut. Ada sebagian udara yang disimpan dalam pipi. Memang kalau baca sih cukup mudah, akan tetapi kalau main langsung mungkin perlu latihan.

2. Genggong Bali

Alat musik genggong Bali
Gambar Genggong Bali


Berikutnya yaitu alat musik Bali yang bernama Genggong, yang merupakan alat musik khas Bali dengan salah satu instrumen getarnya yang cukup unik. Suara yang muncul dari alat musik ini terkesan unik bagi siapapun yang mendengarkannya. Keunikan lain dari Genggong ini adalah cara memainkannya. Kalian bisa memanfaatkan rongga mulut untuk membunyikan alat ini, kegunaannya yaitu sebagai resonator.

Alat musik Bali Genggong ini dibunyikan dengan cara mengulum pada bagian palayah-nya. Kemudian jari tangan kiri memegang ujung alat sebelah kiri.

Sedang untuk tangan kanan menggenggam tangkai bambu kecil yang terhubung dengan tali benang dan ujung alat di sebelah kanan alat musik ini. Sebenarnya, kegunaan dari alat musik ini adalah sebagai sarana hiburan, sering kali mengisi di acara pernikahan dan pesta lainnya. Berikut ini adalah video cara memainkan genggong Bali.


3. Pereret Bali

Alat musik pereret Bali
Gambar pereret Bali


Instrumen musik tradisional Bali berikutnya bernama Pereret. Lho, kok unik gitu ya namanya? Emang sih. Kalian nggak bakalan nemuin alat musik yang seperti ini di tempat lain, dijamin deh!

Sekilas, alat musik ini bisa dikatakan sejenis dengan terompet. Terbuat dari bahan kayu yang dibentuk keren dan berubah jadi terompet yang unik, dan memiliki perbedaan dengan terompet pada biasanya. Alat musik ini dikenal dengan sebutan pengasih asih, kok gitu yah? Ya gara-gara sering kali dipakai perjaka untuk menarik hati wanita. Menarik bukan?

Selain itu, alat musik yang satu ini juga dipakai mengiringi kesenian Sewo Gati. Kalau kalian ingin main, cara memainkannya pun mudah benget, tinggal di tiup aja. Saat itu juga bakalan ngeluarin bunyi yang dapat menawan hati. Pantas banget kalau dipakai untuk menarik wanita.

4. Ceng-Ceng Bali

Alat musik ceng ceng Bali
Gambar ceng-ceng Bali


Ceng-ceng merupakan Alat musik yang menjadi bagian penting dari seperangkat alat musik gamelan Bali, jadi keberadaannya hampir selalu ada ketika pementasan. Ceng-ceng ini tersusun dari enam buah logam bundar di bagian bawah dan dua logam bundar di atasnya. Logam inilah yang nantinya bakalan menghasilkan suara khas yang tak dimiliki oleh alat musik lainnya.

Kalau kalian mengamati bentuk alat musik yang satu ini, kalian mungkin akan berpikir seperti kura-kura. Ya emang sengaja sih, sebab dalam kebudayaan Bali, kura-kura memiliki nilai magis yang kuat.

Cara memainkan alat musik ini tak terlalu sulit. Hanya dengan memukulkan bagian tembaga bundar di atasnya dengan bagian bundar yang di bagian bawah, sehingga terjadi suara.

5. Gamelan Bali

alat musik Gamelan Bali
Gambar gamelan Bali


Nah, kalau yang satu ini kalian mungkin udah pernah dengar namanya. Yups, benar sekali, namanya adalah Gamelan Bali. Merupakan salah satu alat musik gamelan tradisional khas dari Denpasar. Jadi jangan salah, meski denpasar itu kota, tapi tetap menjaga tradisi ya…

Meski namanya gamelan, tapi gamelan Bali ini punya perbedaan yang mencolok dengan alat musik gamelan dari daerah lainnya lho ya. Gamelan ini terkadang dipakai untuk pengiring pertunjukan kesenian di Bali. Selain itu, tentunya juga untuk menemani beberapa acara yang sifatnya sakral, seperti upacara keagamaan atau adat lainnya.

Kerennya, meski sudah zaman udah semakin canggih, Gamelan Bali tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat Bali, begitu melekat. Sebab fungsinya dari Gamelan Bali dekat sekali sebagai pengiring upacara keagamaan serta beberapa hiburan ciri khas Bali.

6. Rindik Bali

Alat musik Rindik Bali
Gambar rindik Bali


Rindik merupakan salah satu alat musik dari bambu yang memiliki nada Slendro. Cara memainkan alat musik yang satu ini adalah dengan cara dipukul..Orang-orang sering kali mengatakan bahwa, Rindik merupakan angklungnya masyarakat Bali. Padahal beda lho ya angkung Jawa dengan alat musik yang satu ini.

Rindik bisa dimainkan 2 sampai 5 orang, tiap-tiap orang itu juga memiliki peran yang berbeda. Beberapa orang yang menabuh Rindik dan lainnya mendapat tempat di Seruling ataupun Gong pulu, sehingga menciptakan kolaborasi musik yang enak didengar.

Awalnya sih, alat musik ini kegunaannya sepele, yaitu sebagai alat penghibur para petani di sawah. Seiringnya perkembangan zaman, rindik juga dipakai sebagai musik pengiring hiburan rakyat ‘Joged Bumbung ‘..Alat musik ini saat ini sering kali dipakai untuk mengiringi upacara pernikahan masyarakat Bali.

Silahkan ditonton video cara memainkan alat musik rindik Bali berikut ini:


7. Gong Bali

Alat musik gong Bali
Gambar gong Bali


Untuk alat musik yang nomor 7 ada Gong. Merupakan alat musik Bali yang sudah dipakai sudah sejak abad ke 13 hingga ke 14, jadi sudah lama banget ya…

Ada keunikan dari alat musik yang satu ini, dimana ada penggambaran alat musik yang memperlihatkan kuil-kuil di Kerajaan Hindu, jadi selain seni musik, juga seni rupa juga ya? 

Karena alat musik ini juga memiliki keterkaitan antara sejarah dengan kemunculan alat musik gong di Bali, tak heran kalau ada penggambaran dalam alat musik yang satu ini. Sedang, untuk pembuatan Alat musik Bali Gong ini dari logam. Cara memainkan alat musik ini dengan dipukul tepat di bagian tengahnya yang terdapat tonjolan.

Kalian juga harus tahu, kalau alat musik ini mempunyai beberapa macam variasi dalam hal bentuk dan bunyi dari nada rendah sampai nada tinggi seperti do re mi fa sol la si do.

8. Gerantang Bali

Alat musik gerantang Bali
Gambar gerantang Bali


Kita kembali ke Denpasar, Bali yang memiliki alat musik yang bernama Gerantang. Dibuat atas beberapa bilah bambu horizontal. Dimainkan dengan 2 buah alat pemukul semacam Gambang (bisa kalian sebut dengan musik tradisional dari jawa atau gerantang).

Sering kali, alat musik ini digunakan untuk kegiatan gamelan kelentang ataupun angklung, beberapa orang menyebutkan bahwa Gerantang adalah kata lain dari alat musik Rindik, akan tetapi pada hakikatnya beda lho ya.

Selain fungsi itu, alat musik Bali yang bernama Gerantang ini sering kali dipakai untuk mengiringi kesenian Cupak Gerantang. Kesenian ini adalah kesenian khas Bali yang menceritakan dua tokoh kakak beradik, cupak adalah tokoh buruk sedangkan gerantang adalah tokoh yang mencerminkan sifat sebaliknya yaitu sifat yang baik, cerita itu membutuhkan musik, dan gerantang salah satunya.

9. Kendang Bali

Alat musik kendang Bali
Gambar kendang Bali


Ternyata, kalian nggak hanya bisa nemuin Kendang di Jawa aja yah! Akan tetapi di Bali juga ada lho alat musik Bali yang bernama Kendang. Keberadaannya alat musik ini tidak bisa dipisahkan dari seni karawitan, kesenian yang mengandung nilai luhur yang tinggi.

Dalam pertunjukan seni musik Gamelan, alat musik yang satu ini dimainkan dengan cara dipukul. Bisa kalian katakan juga kalau kendang ini jadi peran penting dalam sebuah barungan gamelan, menentukan nada dan alunan lagu.

Alat musik ini juga seringkali dipakai untuk berbagai perangkat Gamelan, salah satunya adalah Gong Kebyar. Ketika pagelaran alat musik khas Bali, kendang ini dimainkan berpasangan. Terdiri dari kendang wadon/wanita dan juga kendang lanang/pria. Untuk menghasilkan alunan suara yang indah, kalian haus melihaikan tangan kalian ketika memukul Kendang ini.

10. Gamelan Bumbang Bali

Alat musik gamelan bumbang Bali
Gambar Gamelan bumbang Bali


Lho, kok gamelan lagi? Beda dong Gamelan Bumbang ini adalah alat musik Gamelan tradisional yang bahannya terbuat dari tumbuhan bambu. Jadi beda banget dengan Gamelan Bali yang sebelumya yang terbuat dari logam.

Alat musik yang satu ini bisa dikategorikan Gamelan anyar oleh masyarakat Bali setempat. Mungkin hal ini disebabkan keberadaannya dikenal oleh masyarakat Bali baru sekitar abad 20, diperkirakan sih pada tahun 1985.

Nah, namun secara resmi alat musik ini dijadikan kebiasaan dan identitas orang Bali, untuk pertama pertama kali pada tanggal 16 Nov 1988. Pertunjukan itu dilakukan ketika acara pawai budaya, sebuah pembukaan lomba di Desa Sesetan, Bali. Seringkali, pemuda-pemuda bali memainkan alat musik yang satu ini dengan bangga. Sebab memang alat musik ini adalah warisan leluhur yang harus dilestarikan keberadaannya.

11. Rebana Bali

Alat musik rebana Bali
Gambar Rebana Bali


Kalian mungkin langsung berpikir, “Lho masak ada Rebana di Bali?” Jangan salah ya kawan. Ada lho ya alat musik Bali yang bernama rebana. Terdiri dari sejumlah instrumen sejenis kendang berbentuk seperti payung dan memiliki satu mulut atau tukub.

Di tradisi khas Bali, rebana ini ternyata juga ambil andil besar dalam instrumen barungan gambelan Bali, seperti gambelan pajangeran dan pengerjaan.

Gambelan pajangeran dan pangarjaan memiliki masing-masing satu buah rebana aja. Fungsi dari alat musik yang satu ini adalah sebagai pengakhir lagu. Katakan aja penanda komplitnya sebuah ukuran lagu. Nggak heran jika jenis rebana yang dipakai adalah yang paling besar.

Cara memainkannya yaitu dipukul dalam posisi vertikal,. tutupnya menghadap ke samping kanan dalam posisi duduk bersila, tangan kiri memegang badan rebana.

12. Gangsa Bali

Alat musik gangsa Bali
Foto gangsa Bali


Kita lanjut pada alat musik yang terakhir, yaitu Gangsa. Merupakan instrumen yang tergabung dalam sebuah ansambel. Dimana barungan gambelan yang bilahnya terbuat dari perunggu. Jenis barungan gambelan Bali ada banyak yang memakai gangsa. Mulai dari semara pagulingan, angklung, gong kebyar, gong gede, gambang, dan lain-lain, pokoknya banyak macamnya.

Pada daun gangsa dalam tiap barungan gambelan mempunyai fungsi yang berbeda. Ada yang untuk jalinan pukulan atau sebagai penentu matra lagu. Jadi, dalam satu alat musik, punya beberapa fungsi yang berbeda, bukankah ini keren?

Pada gambelan gambang misalnya, hanya memiliki dua tangguh gangsa jongkok yang difungsikan sebagai pemegang melodi. Berbeda dengan gong gede yang mempunyai 8 tangguh gangsa jongkok dan 12 gangsa gantung yang beda lain modelnya.

Itu aja dulu ya, ulasan detail dariku tentang alat musik tradisional bali yang sudah populer. Selain memiliki keunikan, kalian bakalan bisa mendengarkan suara yang indah dan khas dari berbagai alat musik dari Bali itu ketika dimainkan dengan cara yang berbeda seperti ditiup, dipukul dan digetarkan.

Semua penjelasan dan keterangan yang udah aku ungkapkan, tentu sudah bisa menambah pengetahuan kalian. Sekarang kalian hanya butuh melihatnya secara langsung di Bali, sambil jalan-jalan kan? Dengan begitu, kalian juga ikut melestarikan alat musik warisan leluhur ini.


Tidak ada komentar untuk "12 Alat Musik Bali Tradisional, Cara Memainkannya dan Bahan Pembuatannya, Dilengkapi Gambar"