Daftar Alat Musik Ritmis, Pengertian, Fungsi dan Cara Memainkannya Dilengkapi Gambar - FOURWEDHE

Widget HTML Atas

Daftar Alat Musik Ritmis, Pengertian, Fungsi dan Cara Memainkannya Dilengkapi Gambar

Alat Musik Ritmis, Pengertian, Fungsi dan Cara Memainkannya Dilengkapi Gambar

Daftar Alat Musik Ritmis, Pengertian, Fungsi dan Cara Memainkannya Dilengkapi Gambar
Alat musik ritmis


Saat memainkan dan menciptakan sebuah lagu atau komposisi musik maka tidak akan bisa lepas dari yang namanya alat musik ritmis. Dan secara keseluruhan alat musik yang ada, berdasarkan jenisnya, instrumen musik dibagi menjadi dua jenis, yaitu Alat musik melodis dan Alat musik ritmis. Di artikel ini kami akan menyajikan informasi dikhususkan membahas alat musik ritmis. Selamat membaca!

Apa yang dimaksud dengan alat musik ritmis?

Alat musik ritmis merupakan instrumen musik yang tidak bernada, atau hanya mengeluarkan bunyi tertentu ketika dimainkan. Sedangkan alat musik melodis merupakan alat musik bernada, dan bisa mengeluarkan nada sesuai dengan keinginan.

Meskipun disebut sebagai instrumen tidak bernada, bukan berarti alat musik tersebut tidak mengeluarkan bunyi sama sekali. Hanya saja, suara yang dikeluarkan instrumen ritmis berbeda dan memiliki keunikan tersendiri dibandingkan alat musik melodis. Ada banyak sekali jenis instrumen ritmis yang dikenal di tengah masyarakat saat ini. Bahkan kamu juga sudah cukup sering melihat dan mendengar alat musik tersebut dimainkan pada berbagai pertunjukan kesenian.

Apa fungsi alat musik ritmis?

Berdasarkan fungsinya, instrumen ritmis memiliki peranan cukup penting dalam memainkan sebuah lagu. Selain dijadikan sebagai pengatur tempo, fungsi instrumen ritmis yaitu dijadikan sebagai patokan dan acuan sebuah lagu maupun alat musik masuk pada bagian step tertentu. Selain itu, instrumen ritmis dijadikan sebagai harmonisasi pada sebuah lagu yang tengah dimainkan. Serta pengatur irama untuk sebuah pertunjukan musik maupun lagu.

Alat musik ritmis menghasilkan bunyi apa?

Nada/bunyi yang dihasilkan dari instrumen ritmis bukanlah nada tetap layaknya instrumen melodis. Karena nadanya sendiri disesuaikan dengan cara memainkan alat musik tersebut, sehingga nada nya pun bisa berbeda- beda. Adapun beberapa contoh dari jenis alat musik ritmis ini diantaranya adalah kendang, drum, marakas, tamborin, timpani, gong besar dan beberapa alat musik lainnya. nah untuk lebih jelasnya lagi berikut jenis- jenis instrumen ritmis beserta penjelasannya.

14 contoh alat musik ritmis sederhana

Ada banyak sekali contoh instrumen ritmis yang kita kenal bahkan seringkali kita lihat di berbagai acara musik. Bentuk dan suara dari instrumen ini juga berbeda- beda, dan hampir kebanyakan alat musiknya masuk ke dalam keluarga perkusi.

Alat musik ritmis dimainkan dengan cara apa?

Cara memainkan alat musik ritmis sebenarnya cukup bervariasi, ada yang dipukul menggunakan tangan, ditabuh, bahkan dengan menggunakan alat pemukul khusus, seperti tongkat atau drumstick. Karena memang kebanyakan termasuk kategori alat musik pukul (memainkannya dengan cara dipukul atau ditabuh).

Nah, untuk kamu yang penasaran apa saja sih jenis alat musiknya, dan bagaimana cara memainkannya. Dalam pembahasan kali ini penulis akan memberikan informasi mengenai instrumen ritmis, mulai dari alat musik tradisional hingga modern. Berikut ulasannya.

Baca juga: Alat musik gamelan, disertai gambar dan cara memainkannya

1. Kendang, cara memainkan dan bahan pembuatannya

Kendang merupakan instrumen ritmis pertama yang akan penulis bahas kali ini. Alat musik kendang masih masuk ke dalam jenis musik tradisional. Dimana kamu pun tentu sudah cukup sering melihat kendang dimainkan di berbagai acara musik.

Alat musik kendang terbuat dari bahan kayu yang bagian atasnya ditutup menggunakan kulit sapi. Meskipun termasuk ke dalam alat musik tradisional, namun kendang sering dimainkan juga sebagai pengiring musik modern.

Cara memainkan alat musik ini terlihat sangat mudah, Hanya dengan memukulnya menggunakan tangan dan mengikuti alunan musik saja. Namun sebagai instrumen ritmis memainkan alat musik ini ternyata membutuhkan teknik dan feeling tertentu. Berikut ini adalah tutorial video cara belajar kendang



2. Drum, cara memainkan dan bahan pembuatannya

Alat musik kedua adalah Drum. Instrumen drum merupakan alat musik yang masih termasuk ke dalam keluarga perkusi. Instrumen ini awalnya terbuat dari bahan kulit direntangkan pada kayu atau sebuah penyangga. Tapi seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan zaman, banyak juga yang membuat alat musik drum menggunakan bahan plastik. 

Alat musik drum masuk ke dalam kategori instrumen ritmis modern. Cara memainkan alat musik ini dengan cara dipukul menggunakan alat drums stik. Instrumen bentuk membranofon ini seringkali dimainkan sebagai pengiring band.

Variasi drum di seluruh dunia pun cukup banyak, diantaranya timpani, ashiko, snare drum, tom tom dan juga kendang. Kamu tertarik memainkannya? bisa menggunakan aplikasi drum di hp kamu dengan cara mendownload di PlayStore. Jangan lupa pelajari teknik nya juga ya dengan menonron video tutorial ini



3. Kastanyet

Kastanyet merupakan salah satu jenis instrumen ritmis yang memiliki bentuk sangat sederhana. Sekilas bentuknya tampak seperti kerang, terbuat dari bahan kayu berbentuk cekungan pipih dan sering disalah artikan sebagai sebuah mainan.

instrumen ritmis satu ini memang bukan merupakan instrumen asli Indonesia, karena awal mula keberadaannya dari Negara spanyol. Kastanyet seringkali dimainkan sebagai pengiring irama dalam sebuah tari- tarian.

Cara memainkan alat ini pun tidak begitu sulit. Hanya dengan menepuk- nepuk atau memukulnya dengan menggunakan sisi dari salah satu tangan. Simak video memainkan kastanyet berikut



4. Alat musik ritmis Marakas

Marakas merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara digoyangkan. Alat musik ini memiliki bentuk seperti pin bowling dan seringkali ditemukan dalam pertunjukan musik Salsa, perkusi, cuba dan juga rumba.

Alat musik ini mengeluarkan suara yang unik seperti suara gemericik namun dapat memberikan sensasi semarak pada sebuah lagu. Ukuran alat musik ini berbeda- beda. Ada berbentuk lonjong, bulat seperti telur dan menyerupai buah apel.

Sejarah awal mula alat musik ini dulunya sering digunakan untuk berbagai acara ritual di benua Afrika, namun untuk Negara Amerika sendiri marakas sering dimainkan sebagai pengiring musik orchestra. Berikut video cara bermain marakas



Baca juga: Daftar alat musik tradisional daerah Bali

5. Konga

Konga merupakan alat musik pukul yang bentuknya mirip dengan kendang. Apabila mendengar namanya mungkin kamu akan sedikit bingung, karena alat musik konga tidak begitu familiar di telinga musik indonesia, sebab asalnya sendiri dari Afrika.

Pada beberapa daerah, alat musik konga seringkali disebut dengan Tumbadora, tentunya dengan bentuk yang juga sering berubah- rubah seiring bekembangnya zaman.

Alat musik konga terbuat dari bahan kayu yang bagian atasnya dilapisi dengan kulit, tempat dimana suara dari konga dibunyikan. Bentuknya agak memanjang dan cara memainkannya dengan digantung menggunakan besi penyangga seimbang.

Cara memainkan alat musik ini pun tidak begitu sulit, hanya dengan cara dipukul menggunakan kedua tangan mengikuti irama musik yang sedang dimainkan. Simak video pembelajaran menggunakan konga



6. Simbal

Alat musik berikutnya adalah Simbal (cymbals). Alat musik simbal memang sudah ada sejak puluhan tahun lalu, bahkan termasuk jenis alat musik kuno. Terbuat dari lempengan logam berbentuk lingkaran dan di bagian tengah terdapat sebuah tonjolan.

Instrumen simbal termasuk dalam keluarga perkusi, dimana alat musik ini memiliki jenis tempo cepat dan juga tinggi. Alat musik ini dikenalkan pertama kali di negara Turki dan hingga saat ini sering digunakan sebagai pengiring musik di Indonesia.

Cara memainkan alat musik ini sukup simple, hanya dengan cara membenturkan atau menggesekan kedua lempengan logam tersebut hingga mengeluarkan bunyi. Ada dua jenis simbal yang dikenal, yaitu simbal tangan dan simbal baterai.

7. Tifa, cara memainkan dan bahan pembuatannya

Tifa merupakan salah satu jenis instrumen ritmis yang masuk kedalam alat musik tradisional. Alat musik ini berasal dari daerah Papua dengan bentuk hampir mirip dengan kendang.

Terbuat dari bahan kayu yang bagian atasnya dilapisi dengan kulit, namun untuk bagian tengahnya sendiri bentuknya lebih ramping. Cara memainkan alat musik ini dengan cara dipukul sambil berdiri.

Alat musik tifa bisa dengan mudah dijumpai pada berbagai acara adat Papua, serta acara upacara tradisional yang sering diadakan di daerah tersebut. selain dikenal di wilayah Papua, tifa juga dikenal sebagai alat musik khas daerah Maluku. Berikut adalah tutorial belajar bermain tifa untuk pemula



8. Rebana

Alat musik ritmis berikutnya adalah rebana. Salah satu jenis instrumen asal budaya melayu ini memiliki bentuk bulat hampir sama dengan drum. Namun yang membedakannya hanya dari permukaan nya saja lebih rata dan tipis.

Cara memainkan alat musik rebana cukup mudah. Hanya dengan cara dipukul menggunakan tangan saja. Alat musik rebana terbuat dari bahan kayu yang dibubut dan dilapisi menggunakan kulit sapi.

Alat musik rebana tidak hanya dikenal di wilayah Indonesia saja ternyata, tapi di hampir semua Negara melayu, mulai dari Brunei, Malaysia dan juga singapura memiliki alat musik serupa dengan rebana. Rebana seringkali dijumpai di berbagai acara musik seperti pengiring dalam musik gambus dan marawis.

9. Triangle

Berikutnya adalah alat musik triangle. Instrumen ini memiliki bentuk segitiga dan terbuat dari bahan logam. Alat musik triangle masih masuk ke dalam keluarga perkusi idiofon. Dimana suara yang dihasilkan dari getaran alat musiknya sendiri.

Cara memainkan alat musik ini dengan cara dipukul menggunakan batang pemukul yang terbuat dari bahan besi. Alat musik triangle seringkali digunakan untuk mengiringi berbagai kelompok musik dan dijadikan pengatur tempo pada lagu. Tonton video cara memainkan triangel berikut



10. Timpani

Timpani merupakan alat musik yang keberadaannya sudah cukup lama. Bahkan untuk Negara bagian Eropa sendiri alat musik ini sudah dikenal sejak abad ke 15. Alat musik timpani biasanya digunakan sebagai pengiring di acara keagamaan.

Instrumen ini memiliki bentuk yang mirip dengan drum dan juga kendang, namun ukurannya jauh lebih besar dari kedua alat musik tersebut.

Timpani terbuat dari material fiber, atau bisa juga dari bahan tembaga dengan bentuk sebuah mangkuk yang besar dan bagian atasnya dilapisi menggunakan kulit sapi atau kulit kambing, sedangkan Pada bagian ujungnya terbuat dari bulu biri- biri.

Cara memainkan alat musik ini dengan cara dipukul menggunakan tongkat berdiameter 2cm, yang dikenal dengan nama mallet.

11. Tamborin

Tamborin merupakan alat musik yang biasanya disebut sebagai kincringan oleh orang- orang awam. Cara memainkan alat musik ini dengan cara digoyang- goyangkan.

Sebagai alat musik yang sering dimainkan untuk irama lagu riang, tamborin dikenalkan pertama kali oleh grup musik turki bernama Janissaries sebagai pengiring dalam musik tersebut.

Alat musik ini terbuat dari material logam yang memiliki bentuk lingkaran dan pada bagian ujung atau pinggirannya dilapisi dengan logam pipih berbentuk bundar. Ketika tamborin digoyangkan, instrumen ini dapat mengeluarkan bunyi tertentu. Selain dikenal di wilayah turki, alat musik tamborin juga dikenal di beberapa Negara asia tengah, india, cina dan juga Greenland.

12. Ketipung

Instrumen ritmis berikutnya adalah ketipung, dimana alat musik ini termasuk ke dalam instrumen ritmis paling modern di Indonesia. ketipung biasanya dimainkan untuk mengiringi berbagai jenis musik, salah satunya musik dangdut.

Sekilas bentuknya hampir sama dengan kendang, namun memiliki ukuran yang jauh lebih kecil. Seiring dengan perkembangan zaman, alat musik ketipung dibuat dengan berbagai macam variasi bentuk. Apabila biasanya kita melihat alat musik ini pada bagian tengahnya dilubangi, namun saat ini sudah banyak yang menggunakan batangan paralon.

13. Gong besar

Gong besar merupakan alat musik yang berasal dari daerah Jawa. Alat musik ini seringkali ditemukan sebagai salah satu pengiring pada sebuah set gamelan. Instrumen musik ini memiliki bentuk lingkaran dan bagian tengahnya menonjol.

Masyarakat jawa mengenal alat musik ini memiliki nilai keramat tertentu, sehingga menjadi sebuah kepercayaan pada masyarakat jawa, jika gong besar harus dimandikan menggunakan air kembang pada beberapa momen tertentu.

Alat musik gong besar hanya memiliki satu jenis suara, dan dalam sebuah perangkat gamelan biasanya hanya dijadikan sebagai pelengkap dalam pertunjukan.

14. Kecrek

Alat musik kecrek merupakan instrumen musik ritmis tradisional yang seringkali digunakan untuk pertunjukan pewayangan. Bentuk alat musiknya kecil, sehingga memudahkan dalang untuk memainkannya di tengah sandiwara wayang.

Instrumen kecrek terbuat dari bahan logam dan biasanya diberi warna warni sebagai daya tariknya. Alat musik ini pun biasanya digunakan sebagai pengiring di berbagai acara musik, seperti musik dangdut dan salah satu perlengkapan karaoke.

Gambar macam-macam alat musik ritmis

instrumen musik drum
Gambar drum

Instrumen musik gong besar
Gambar gong besar

Alat musik ritmis kastanyet
Gambar kastanyet

Alat musik ritmis kecrek
Gambar kecrek

Alat musik ritmis kendang
Gambar kendang

Alat musik ritmis ketipung
Gambar ketipung

Alat musik ritmis konga
Gambar konga

Alat musik ritmis marakas
Gambar alat musik ritmis marakas

Alat musik ritmis rebana
Gambar rebana

Alat musik ritmis simbal
Gambar simbal

Alat musik ritmis tamborin
Gambar tamborin

Alat musik ritmis tifa
Gambar alat musik ritmis Tifa

Alat musik ritmis timpani
Gambar timpani

Alat musik ritmis triangle
Gambar alat musik ritmis triangle


Demikianlah ulasan dan juga pembahasan yang penulis buat mengenai berbagai jenis alat musik ritmis. Instrumen ritmis meskipun masuk ke dalam kategori tidak bernada, namun peranan dan fungsinya sangat penting untuk dijadikan sebagai pengiring musik.


Dengan adanya ulasan diatas, diharapkan kamu juga bisa lebih paham mengenai apa itualat musik ritmis, bagaimana cara memainkannya dan juga kategori instrumen ritmis apa saja yang masuk ke dalam jenis tradisional dan modern. Semoga bermanfaat ya!


Tidak ada komentar untuk "Daftar Alat Musik Ritmis, Pengertian, Fungsi dan Cara Memainkannya Dilengkapi Gambar"