20 Contoh Alat Musik Melodis Tradisional dan Modern, Cara Memainkannya Disertai Gambar - FOURWEDHE

Widget HTML Atas

20 Contoh Alat Musik Melodis Tradisional dan Modern, Cara Memainkannya Disertai Gambar

20 Contoh Alat Musik Melodis Tradisional dan Modern, Cara Memainkannya Disertai Gambar

Alat musik melodis dan cara memainkannya berikut gambar
Macam-macam alat musik melodis


Alat musik melodis artinya benda-benda atau instrumen musik yang memiliki fungsi untuk memperindah sebuah lagu atau komposisi musik. Di artikel ini akan saya jelaskan banyak hal tentang musik melodis. Salah satu dari penggolongan musik berdasarkan fungsinya dalam iringan musik, ada alat musik ritmis, alat musik harmonis, dan tentunya alat musik melodis.

Kenapa sih alat musik jenis melodis harus dibahas? Lho, kalian jangan salah ya ini penting dipelajari terutama untuk anda yang saat ini mempelajari musik misalnya ingin menjadi seorang penyanyi, musisi, ingin memiliki grup band atau sedang belajar karawitan atau kelompok musik tradisional.

Baca juga: Pengertian alat musik ritmis dan jenisnya

Pengertian alat musik melodis

Alat musik melodis adalah alat musik yang sering kali membunyikan melodi dalam suatu pembawaan lagu, terkadang alat musik ini tidak dapat memainkan chord secara sendirian. Jadi harus dikolaborasikan. Sedangkan melodis adalah susunan nada-nada dari chord yang menciptakan variasi untuk memperindah lagu. Sehingga fungsi melodi sangat penting karena sebuah musik tanpa ada melodi maka akan terdengar hambar dan membosankan.

Fungsi Alat Musik Melodis

Sebelum menginjak ke macam-macamnya, kalian perlu tahu dulu apa sih fungsi alat musik yang satu ini? Tahu nggak kalau alat musik ini memiliki banyak fungsi begitu penting untuk menghidupkan nada serta irama musik. Nada dan irama sih sebenarnya sama kayak umumnya yang mencakup Do, Re, Mi, Fa So, La, Si, dan Do. Maka tak heran kalau alat musik ini bisa kalian sebut dengan alat bernada dan berirama dasar.

Pembawaan lagu atau musik tak bakalan jadi pas dan utuh bila tidak disertai dengan instrumen melodis. Karena fungsinya memang sebagai pengatur nada dan irama. Sedangkan dari lagu dasar ini diiringi dengan alat musik ritmis yang dapat dikatakan sebagai alat tanpa irama ataupun nada. Beda banget dengan dengan yang melodis tadi.

baca juga: Contoh alat musik khas Bali

Ciri-Ciri Alat Musik Melodis

Ciri khas alat musik melodis bisa diketahui berdasarkan nada dari alat musik ini terdengar lebih lembut dan nyaman didengar, ya bisa kalian katakan lagu bersantai-ria. Jika dibandingkan dengan antara alat musik melodis dan ritmis, perbedaannya pada ada tidaknya nada. Musik ritmis tidak ada nadanya, akan tetapi melodis ada nadanya. Akan tetapi keduanya telah ada sejak dulu kala. Selain itu juga punya versi terbaru di masa modern.

Ciri lainnya adalah cara memainkannya yaitu

  • Alat musik melodis yang cara menggunakannya dipetik seperti gitar, kecapi, mandolin dan sasando,
  • Alat musik melodis yang cara memainkannya ditiup seperti pianika, seruling, klarinet, recorder dan saksofon
  • Alat musik melodis yang ditekan seperti piano dan akordion
  • Alat musik melodis digesek contohnya biola dan rebab
  • Alat musik melodis yang cara memainkannya dihisap, lho kok dihisap? Ya kalian bisa melihat seperti harmonika.

Apa saja alat musik melodis modern dan tradisional?

Nah, kita sudah menginjak ke pembahasan utama. Yaitu macam-macam alat musik melodis yang harus kalian ketahui. Nanti aku juga bakalan ngebahas bentuk, bahan pembuatan, serta cara memainkannya. Sehingga bakalan meluaskan pengetahuan kalian juga. Nggak usah basa-basi lagi dah! Inilah 20 alat musik jenis melodis yang harus kalian ketahui. Ada yang tradisional dan ada yang modern.

1. Angklung

Di urutan pertama, kalian sudah nemuin alat musik yang sudah sangat populer. Yup, namanya Angklung. Sebuah alat musik melodis dalam kategori tradisional.

Sudah sangat terkenal di Indonesia maupun mancanegara. Alat musik jenis melodis ini yang berasal dari Sunda, Jawa Barat. Untuk bentuk dari alat musik angklung ini menyerupai pipa yang terbuat dari bahan bambu, kalian pasti udah tahu.

Ukuran panjang dan diameter bambu menjadi penentu tinggi dan rendahnya nada yang dihasilkan dari angklung. Adapun cara memainkan angklung yaitu menggoyang-goyangkan angklung dengan kedua tangan kalian. Satu tangan untuk memegang angklung, dan satu tangan lain untuk menggoyangkan angklung. Pokoknya nggak sulit banget kok. Anda bisa membeli Angklung di marketplace dengan kisaran harga Rp. 875.000 - 1.000.000

Berikut ini adalah video tutorial belajar angklung



2. Piano

Piano termasuk jenis alat musik melodis modern dan bukan asli indonesia. Kalian pasti udah tau dong, alat musik yang satu ini yang memiliki banyak tuts berwarna hitam dan putih ini sudah populer banget kok!

Sejarah awal mula piano lahir dari keinginan untuk menggabungkan keindahan nada clavichord dengan kekuatan harpsichord. Mendorong Marius yang berasal dari Paris, Schroter dari Saxony dan Cristofori dari Padua, Italia, untuk tergerak menciptakan alat musik piano.

Akan tetapi, hasil utuh dan lengkap ditunjukkan Bartolomeo Cristofori di akhir penciptaan. Untuk membuat piano, tentunya pabrik atau ahlinya dengan bahan-bahan khusus. Piano adalah alat musik yang cara memainkannya ditekan, yaitu anda harus menekan tuts yang berjejer dengan warna hitam dan putih. Berawal dari ujung kiri memiliki nada paling rendah, dan ujung paling kanan bernada tinggi. Harga piano di marketplace online sekitar Rp. 100.000 - 15.000.000. Berikut ini adalah video tutorial belajar memainkan piano



3. Kecapi

Selanjutnya kecapi yang tergolong alat musik jenis melodis tradisional yang berasal dari Sunda, Jawa Barat. Kecapi terbuat dari kayu berbentuk kotak yang dilengkapi dengan senar. Jumlah senar pada kecapi sekitar 20 senar dengan ukuran diameter berbeda. Semakin kecil diameter senar maka nada yang dihasilkan semakin tinggi.

Cara memainkan kecapi yaitu dengan memetik senar. Alat musik yang bernama kecapi ini dipakai untuk pengiring lagu daerah yang lembut misalnya dalam tembang sunda. Lagu khas daerah Sunda.

Karena fungsinya mengiringi musik, kecapi ini dibagi jadi dua. Kecapi indung dan kecapi rincik. Kecapi indung itu besar dengan delapan belas atau bahkan dua puluh dawai. Sedangkan, kecapi rincik memiliki lima belas dawai untuk memperkaya iringan musik. Harga kecapi di toko online adalah sekitar Rp. 196.000 - 670.000. Berikut ini adalah video tutorial belajar kecapi tradisional



Baca juga: Daftar alat musik gamelan set

4. Akordeon

Akordeon (accordion) adalah alat musik melodis modern yang berasal dari luar negeri. Kalian pasti tidak begitu menyadari bahwa ada beberapa macam akordion, terus dikembangkan bertahun-tahun untuk beberapa aliran musik. Menjadi instrumen buluh gratis, pembukaan dan penutupan bellow, sebuah akordeon menyebabkan udara bergerak di atas buluh, dan akhirnya menciptakan sebuah suara.

Alat musik ini memiliki tombol atau bisa kalian katakan keyboard. Berfungsi untuk mengarahkan aliran udara ke buluh tertentu. Sehingga kalian bisa mengendalikan nada dimainkan. Tapi kalau kalian mencobanya, tentu nggak bakalan semudah membayangkan.

Cara memainkan akordion adalah tangan kiri menekan keyboard (tuts) dan tangan kanan memegang akordion sambil menarik dan mendorong bagian penghasil udara. Harga akordion adalah sekitar Rp. 1.975.000 - 10.000.000. Berikut ini adalah video tutorial belajar akordeon



5. Seruling

Kalian tentu sudah tahu alat musik melodis yang bernama Seruling atau sering juga disebut suling. Merupakan alat musik jenis melodis tradisional asal Jawa Barat. Terbuat dari bambu atau kayu degan 6-7 lubang nada pada bagian batangnya. Kemudian ditambah lubang pemanis pada bagian ujungnya.

Belakangan ini muncul seruling modern yang sering kali terbuat dari logam aluminium dan plastik. Seruling termasuk kategori alat musik yang cara memainkannya ditiup. Akan tetapi tak semudah meniup mata ya. Ada teknik khususnya. Lagu-lagu dangdut biasanya menggunakan seruling untuk memperindah komposisi musik dan melodi.

Garis besar tiupan dalam bermain seruling ada tiga macam. Yakni tiupan lembut, tiupan sedang, dan tiupan keras. Jelas, perbedaan tiupan ini bakalan menghasilkan nada yang beda pula. Selain itu, menutup lubang dan membuka lubang itu memerlukan kebiasaan. Harga seruling sekitar Rp. 14.000 - 70.000. Berikut ini adalah video tutorial belajar seruling



6. Gitar

Lho? Ternyata gitar juga tho. Iya dong! Gitar adalah alat musik melodis modern yang sudah terkenal banget. Dan tentunya kalian sudah sering memakainya untuk bermain musik. Untuk cara memainkan gitar yaitu dipetik. Tapi tidak mudah untuk menguasai gitar karena anda perlu belajar cara menekan senar dengan menggunakan jari untuk membentuk kunci (chord).

Kalian pasti udah tau dong! Ada tiga bagian gitar, yaitu badan gitar, stang gitar, dan senar. Gitar dibagi menjadi dua jenis, gitar akustik dan gitar elektrik. Gitar akustik adalah jenis gitar yang sering dipakai sejak selama ribuan tahun dengan ciri khas ada lubang di bagian bodi gitar. Akan tetapi, gitar elektrik dikenalkan mulai tahun 1930-an. Sering kali digunakan sebagai instrumen utama dalam genre musik. Mulai dari rock, pop, jazz, reggae, metal, dan blues. Cirinya adalah badan gitar tidak memiliki lubang. Harga gitar akustik sekitar Rp. 235.000 - 700.000 tergantung merk. Sedangkan harga gitar elektrik Rp. 400.000 - 1000.000. Berikut ini adalah video tutorial belajar gitar



7. Bonang

Kalian pasti nggak nyangka kan? Kalau Bonang adalah alat musik tradisional yang berjenis melodis. Sebuah alat musik yang pada bagian tengahnya ada tonjolan berbentuk bundar. Secara sekilas Bonang mirip dengan gong yang ditidurkan, ya kalian pasti udah tahu gong.

Alat musik yang satu ini dimainkan dengan cara yaitu dipukul menggunakan alat pukul khusus, agar menghasilkan suara yang khas dan enak didengar dan bisa dipadukan dengan alat musik lainnya. Pada saat bonang ini dimainkan dalam sebuah ansambel musik, sering digunakan sebagai alat musik penuntun. Selain itu juga pembawa melodi pokok atau mengatasi pola nada yang akan datang. Jadi fungsi alat musik ini begitu penting dalam suatu pementasan musik. Harga satu set Bonang sekitar Rp. 4000.000 - 14.000.000

8. Harmonika

Kita kembali lagi ke alat musik modern. Kalian pasti udah tahu alat musik yang satu ini, yups, namanya adalah Harmonika. Merupakan alat musik jenis melodis modern yang jarang dikuasai oleh kebanyakan orang. Kenapa?

Ya memang pembawaannya nggak mudah. Membutuhkan teknik khusus dan kebiasaan. Alat musik yang satu ini dimainkan dengan cara dihisap dan ditiup, akan tetapi, hanya orang yang ahli harmonika saja yang bisa melahirkan suara dan nada yang indah nan keren.

Sejarahnya, Harmonika itu berasal dari alat musik tradisional Cina. Yaitu Sheng dan telah digunakan sekitar lima ribu tahun yang lalu. Yaitu sejak kekaisaran Nyu-kwa, dan dilanjutkan tahun 1821 oleh Chistian Friedrich Buschman sebagai penemu dari harmonika modern. Harga harmonika sekitar Rp. 30.000 - 75.000. Berikut ini adalah video tutorial belajar harmonika



9. Calung

Okey, kita lanjut ke alat musik yang bernama Calung. Merupakan salah satu alat musik melodis tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Sudah lama berkembang di masyarakat dan sudah diketahui oleh banyak orang, jadi mungkin juga sudah tahu. Hasil suara dari alat musik yang satu ini berupa berupa nada tangga nada pentatonik. Calung dikategorikan sebagai alat musik idiofon. Bisa kalian katakan alat musik yang menghasilkan suara dari vibrasi alat musik itu sendiri.

Calung terbuat dari batang bambu dengan berbagai ukuran panjang dan diameter yang berbeda. Bambu yang diameternya besar mengeluarkan nada rendah, sedangkan bambu yang diameterernya kecil mengeluarkan nada tinggi. Untuk cara memainkannya yaitu dengan memukul bambu yang berbentuk pipa. Ada macam-macam calung yang dikenal di masyarakat, ada calung Banyumas dan juga calung jinjing yang tentunya berbeda bentuknya. Memiliki keunikan tersendiri dan khas benget deh. Harga calung berada di kisaran Rp. 806.000 . Berikut ini adalah video tutorial belajar calung



10. Biola

Next, ke alat musik biola. Merupakan alat musik melodis modern yang dimainkan dengan cara digesek, ya kalian pasti tahu itu. Alat musik ini dirancang memiliki empat senar yang bernada G-D-A-E, dengan setelan berbeda. Selain itu juga mempunyai interval sempurna kelima, G adalah nada yang paling rendah pada alat musik ini.

Untuk bentuknya terdiri dari beberapa bagian, antara lain badan biola, leher biola, jembatan biola, senar, papan jari, dan perangkat pembantu. Perangkat ini terdiri dari pasak penyetel (tuner), ekor biola, pin, tali, beberapa penyetel tambahan jika diperlukan, dan dagu penyangga, alat musik ini memiliki berbagai macam jenis, mulai dari biola bass, biola kecil, biola menengah, dan biola besar. Biola bisa dibeli di kisaran harga Rp. 500.000 - 1000.000. Berikut ini adalah video tutorial belajar biola



11. Kolintang

Kolintang atau ada yang menyebut kulintang, adalah alat musik melodis tradisional yang terbuat dari logam kuningan bentuknya pipih panjang, Alat musik yang masih bagian dari keluarga gong dari daerah Asia dan tentunya sudah lama banget ada di Indonesia. Bahkan alat musik ini dipercaya telah ada sejak berabad-abad tahun yang lalu. Wow kan? Apalagi di daerah Asia Tenggara, sampai terus berkembang pesat hingga saat ini.

Untuk cara memainkannya hanya tinggal dipukul. Dimainkan oleh laki-laki ataupun perempuan sama aja. Suara dari Kolintang ini apik dan cocok untuk mengiringi lagu-lagu daerah. Akan tetapi beberapa alat musik modern pun juga bukan pilihan yang buruk. Harga satu set kolintang sekitar Rp. 32.000.000

12. Pianika

Lho, apa nggak sama dengan piano? Beda dong guys. Memang mirip piano, akan tetapi berukuran lebih kecil. Cara memainkan pianika adalah dengan cara ditiup pada pipa lentur sambil tangan menekan tuts (keyboard).

Pianika juga memakai bilah keyboard, yang mempunyai luas tiga oktaf. Ya sering kali, alat musik melodis ini dipakai sebagai alat pendidikan di sekolah. Jadi, nggak heran kalau di SD dulu kalian pernah diajarkan alat musik yang satu ini.

Untuk memainkan pianika, kalian harus memegang pianika menggunakan tangan kiri. Kemudian memainkan melodi dengan tangan kanan. Oh iya, jangan lupa meniup pipa lentur menggunakan mulut ya…

Pianika ini sering kali dipakai untuk memainkan melodi pokok, kontra melodi. Bahkan jika memungkinkan bisa juga dipakai mengiringi sebuah lagu. Harga pianika sekitar Rp. 296.000

13. Mandolin

Kalian pasti pernah mendengar musik nama alat musik yang satu ini. namanya Mandolin, sebuah alat musik yang bentuknya sih kayak gitar, akan tetapi bagian tubuhnya sedikit lebih gendut. 

Alat musik ini sering kali dipakai pada acara-acara tertentu. Tentunya acara adat ya. Kalau nggak gitu juga sebagai pengiring tarian, seperti tari rudat. Alat musik ini bisa dipadukan dengan banyak alat musik lainnya. Untuk cara bermain mandolin adalah dipetik sama kayak mainin gitar. Akan tetapi jumlah senarnya yang berbeda, mandolin menggunakan 8 senar, sedangkan gitar hanya 6 senar.

Meski tradisional, Mandolin diyakini berasal dari Italia. Digunakan untuk memainkan segala macam genre, mulai dari bluegrass, folk, classic. Kalau ingin belajar, kalian pasti bisa mainin ni alat musik. Harga mandolin sekitar Rp. 2.449.000. Berikut ini adalah video tutorial belajar mandolin



14. Recorder

Ha, recorder? Maksudnya perekam itu ya? Eits, tunggu dulu guys. Bukan itu ya maksudnya. Tak seperti namanya, alat ini bukan untuk merekam suara. Akan tetapi melainkan sebuah alat musik melodis yang memiliki bentuk seperti suling.

Sedangkan, cara memainkan alat musik recorder ini yaitu dengan cara ditiup. Di salah satu ujungnya tentunya ya guys, jangan dua-duanya. Hehe…

Lantas, kok bisa alat musik recorder dibedakan dengan alat musik seruling, apa perbedaan recorder dan seruling? Meski pada dasarnya bentuknya hampir sama.Ternyata adanya lubang untuk ibu jari guys. Posisinya berlawanan dengan 7 lubang lainnya, jadi unik dan beda dengan seruling ya…

Alat musik Recorder modern itu berbeda dengan alat musik recorder Tradisional. Sebab kalau modern sudah ada modifikasi, tapi cara mainnya tetap sama kok. Harga recorder sekitar Rp. 30.000

15. Talempong

Kita kembali ke alat musik tradisional, sekarang namanya adalah Talempong. Merupakan alat musik tradisional asli Minangkabau. Untuk cara memainkan talempong adalah dipukul bagian tengah yang menonjol hampir sama seperti memainkan bonang yang ada dalam perangkat gamelan Jawa.

Talempong terbuat dari kuningan. Alat musik ini jadi salah satu alat musik khas yang selalu ada dalam berbagai acara penting. Mulai dari Tari piring, tari pasambahan, hingga sebagai alat musik untuk menyambut tamu istimewa.

Sedang untuk memainkan alat musik talempong ini, kalian dituntut harus jeli di setiap pukulannya. Sebab nantinya yang kalian dihadapi bukan hanya 1 buah. Akan tetapi lebih dari 5 buah alat musik. Disusun rapi berbaris dengan nada yang beda-beda. Harga talempong sekitar Rp. 3.340.000

16. Rebab

Jenis alat musik senar yang menyebar jalur-jalur perdagangan Islam. Rebab jauh lebih banyak di Afrika Utara, Timur Tengah, bagian dari Eropa, dan Timur Jauh.

Ukuran rebab sering kali kecil sih, badannya bulat, bagian depan yang tercakup dalam suatu membran. Kalau kalian lihat bakalan lebih seperti perkamen atau kulit domba dan memiliki leher panjang terpasang. Terdapat leher tipis panjang dengan pegbox pada akhir dan ada satu, dua atau tiga senar, tidak ada papan nada.

Meskipun ada karena nada suara, akan tetapi memiliki rentang yang sangat terbatas. Secara bertahap alat musik yang satu ini diganti di banyak dunia Arab oleh biola dan kemenche. Cara memainkan rebab yaitu digesek sama seperti biola. Harga rebab sekitar Rp. 500.000. Berikut ini adalah video tutorial belajar rebab



17. Hobo

Kalian pasti asing ketika mendengar alat musik melodis yang bernama Hobo. Ha hobo? Kok aneh gitu ya namanya. Lho jangan salah. Hobo adalah alat musik tiup yang bersuara lembut dengan hiasan lidah getar rangkap.

Nadanya memiliki jangkauan hingga dua setengah oktaf. Alat musik ini sudah lama sekali ada, bahkan sejak zaman Mesir Kuno, Wow-wow! Jadi bukan sembarangan ya guys.

Di abad 18, alat musik ini tampil pada musik kamar atau konserto. Ada tiga macam hobo, mulai dari hobo cor anglais, hobo diamore, dan hobo masa kini. Penampilan alat musik ini dapat kita dengar pada karya Bellini, Berio, dan Rossinidna lainnya. Harga hobo sekitar Rp. 1,3 juta

18. Klarinet

Nah, ini ni alat musik yang pasti kalian tahu. Apalagi kalian penggemar film spongebob. Sebab tokoh gurita yaitu squidward hobi banget mainin alat musik yang satu ini. yups, namanya adalah klarinet.

Sebuah alat musik tiup yang dikembangkan oleh Theoblad Boem. Nadanya tinggi dan nyaring. Mulai digunakan dalam musik orkes dan band militer di pertengahan abad ke-18, hmm.. sudah lama juga ya guys. Harga klarinet sekitar Rp. 6.500.000. Berikut ini adalah video tutorial belajar klarinet



19. Saxophone

Lanjut di nomor 19, yaitu ada Saxophone. Merupakan alat musik tiup yang terbuat dari logam. Jangkauan nada dan kemampuan ekspresinya sangat besar. Diciptakan oleh Adolphne Sax di tahun 1846. Ada 4 jenis saxophone, yakni saxophone sopran, alto, tenor, dan bariton. Semuanya itu membentuk kwartet yang setara dengan kwartet gesek. Cara memainkan alat musik ini ya tentunya dengan cara ditiup ya guys. Harga saxophone sekitar Rp. 4.200.000. Berikut ini adalah video tutorial belajar saxofon



20. Terompet

Untuk yang terakhir ini ada Terompet, sebuah alat musik melodis yang dimainkan dengan cara ditiup yang dapat mengeluarkan bunyi berapi-api. Tergantung tenaga yang kalian gunakan untuk memainkan fanfare.

Fanfare ini bisa kalian sebut tabung logam yang sempit, lubang silindris, dan corong yang lebar dan mengembang. Musisi jazz seringkali memanfaatkan semua bunyi yang dihasilkan alat musik trompet dan trombon, karena namanya konstran dan terus menerus. Ketika memainkan kedua alat musik ini, bisa menghasilkan permainan solo yang menarik dan enak didengar. Terciptanya alunan musik yang begitu memesona. Harga terompet sekitar Rp. 7.475.000

Gambar alat musik melodis

Alat musik melodis Akordeon
Gambar akordeon

Alat musik melodis angklung
Gambar angklung

Alat musik melodis biola
Gambar biola

Alat musik melodis bonang
Gambar bonang

Alat musik melodis angklung
Gambar angklung

Alat musik melodis gitar
Gambar gitar

Alat musik melodis harmonika
Gambar harmonika

Alat musik melodis hobo
Gambar hobo

Alat musik melodis kecapi
Gambar kecapi

Alat musik melodis klarinet
Gambar klarinet

Alat musik melodis kolintang
Gambar kolintang

Alat musik melodis mandolin
Gambar mandolin

Alat musik melodis pianika
Gambar pianika

Alat musik melodis piano
Gambar piano

Alat musik melodis rebab
Gambar rebab

Alat musik melodis recorder
Gambar recorder

Alat musik melodis saksofon
Gambar saksofon

Alat musik melodis seruling
Gambar seruling

Alat musik melodis talempong
Gambar talempong

Alat musik melodis terompet
Gambar terompet


Mungkin itu dulu ya guys penjelasanku tentang 20 alat musik melodis dan cara memainkan alat musik melodis disertai video dan gambar yang harus kalian ketahui. Setelah kalian tahu macam-macamnya, bahan pembuatannya, dan cara memainkannya, tentunya pengetahuan kalian tentang musik bertambah kan?

Jadi, kalian tak perlu lagi heran dengan berbagai alat musik jenis melodis yang dimainkan oleh orang lokal maupun luar negeri. Pokoknya, ini bisa kalian jadikan pondasi untuk mencoba belajar, jadi selamat belajar musik.



Tidak ada komentar untuk "20 Contoh Alat Musik Melodis Tradisional dan Modern, Cara Memainkannya Disertai Gambar"