Widget HTML Atas

14 Alat Musik Jawa Tengah yang Unik dan Populer

14 Alat Musik Jawa Tengah yang Unik dan Populer

Alat musik khas Jawa tengah
Gambar alat musik tradisional Jawa Tengah


Jawa Tengah memiliki instrumen musik tradisional yang sering dipakai untuk acara adat. Jadi, selain menyimpan adat istiadat yang luhur, rumah adat yang keren, tarian tradisional yang populer, jawa tengah tentunya juga memiliki alat musik tradisional yang beberapa sudah terkenal nasional maupun internasional. Kalian semua harus bangga.

Ada banyak tentunya alat musik dari daerah yang satu ini. Juga memiliki fungsi yang spesial, tidak hanya sebagai hiburan aja akan tetapi juga untuk upacara ataupun pengiring tarian tradisional juga. Pokoknya, nggak kalah deh dengan musik modern di zaman ini.

Membuktikan bahwa Indonesia punya Jawa, Jawa punya Jawa Tengah yang memiliki ragam kebudayaan yang memberikan ragam tradisi yang mewarnai peradaban nusantara ini. Seiring dengan perkembangan zaman, kita harus sama-sama menjaga alat musik ini.

Okey, kalian tentu udah penasaran dengan alat musik dari daerah Jawa Tengah ini kan? Langsung aja kita masuk pembahasan.

Macam-macam alat musik khas Jawa Tengah

Nah, di bagian ini aku bakalan ngebahas banyak hal tentang apa aja sih alat musik dari Jawa Tengah. Selain itu, aku juga bakalan menyisipkan sejarah, keterangan khusus, bahan pembuatan alat musik dan cara memainkannya tentunya. Jadi, kalian nggak hanya tahu gambarnya aja ya. Akan tetapi bisa belajar untuk memainkannya. Langsung aja, nggak usah basa-basi lagi, inilah alat musik Jawa Tengah yang harus kalian ketahui.

1. Bonang

Alat musik bonang
Gambar bonang


Kalau kalian pernah dengar Walisongo yang namanya Sunan Bonang, pasti kalian tahu alat musik yang satu ini. Yups Bonang, merupakan alat musik yang terkenal di dalam musik gamelan sebab perannya dalam komposisi musik sebagai melodi yang penting sekali.

Alat musik ini bervariasi, terkadang beda di setiap permainan, juga tergantung kunci nadanya. Bonang dibuat dari bahan Kuningan dan bentuknya ada tonjolannya pada bagian atasnya yang disebut dengan pencon atau pencu yang nantinya untuk dipukul.

Cara membunyikannya gampang sekali guys! Tinggal dipukul pada bagian yang menonjol itu pakai alat khusus, sehingga menghasilkan nada yang sesuai dengan jenis bonangnya. Nah, untuk alat pemukul khusus bonang itu bernama adalah bindhi. Harga bonang sekitar Rp 1.200.000

2. Siter

Alat musik siter
Gambar siter


Alat musik dari Jawa Tengah yang selanjutnya adalah siter. Alat musik ini memiliki bunyi yang disetting sesuai dengan nada sledro dan pelog. Alat musik siter merupakan satu-satunya alat yang dipetik dalam komposisi gamelan Jawa Tengah. Selain itu mempunyai senar dari 11 dan 13 untuk dimasukan ke resonator sehingga memunculkan bunyi yang khas.

Kalau kalian ingin memainkannya, caranya dipetik dengan ibu jari. Sedang jari yang lain menahan getaran dari senar yang dipetik.

Bentuk siter hmumnya memiliki panjang 30 cm. Dimasukan ke dalam yang berguna untuk resonator. Biasanya juga dimainkan dengan alat musik lainnya secara berbarengan sebagai instrumen yang memainkan cengkok. Benar-benar keren banget deh! Harga siter sekitar Rp 500.000

3. Demung

Alat musik demung
Gambar demung


Kemudian ada lagi alat musik dari keluarga Balungan yang bernama Demung. Dalam pagelaran musik gamelan, sering kali ada dua jenis damung, yaitu damung nada dengan pelog dan demung dengan nada slendro.

Alat musik yang satu ini memiliki ukuran yang cukup besar, akan tapi hasil suaranya berupa nada oktaf. Jadi terdengar rendah di dalam alat musik balungan. Memang ukurang tak selalu menentukan hasil suara kan? 

Alat musik ini terbuat dari kuningan. Memiliki alat pemukul khusus untuk memainkannya. Demung ini menggambarkan suatu suasana seperti gendhing gati. Kemudian ditabuh dengan keras tapi lambat.

Sering kali juga ditabuh dengan cepat dan keras. Sehingga menciptakan alunan nada yang berkesinambungan. Harga demung sekitar Rp 900.000

4. Gong

Alat musik gong
Gambar gong


Nah, kalau untuk alat musik yang satu ini kalian tentu sudah nggak tidak asing lagi kan? Bisa dikatakan, suara dari alat ini terdengar seperti namanya, “Gong!”

Tentu saja Alat Musik Jawa Tengah ini memiliki ukuran yang besar. Disusun dari berbagai ukuran dan suara, sehingga menghasilkan suara yang sangat mudah untuk dikenali dan unik.

Gong merupakan instrumen waditra. Dibuat dari logam kuningan atau perunggu. Berdiameter 69 cm sampai 105 cm, sering kali ada bernada untuk menggantungkan gong, bentuknya bervariasi seperti ular dan naga yang terbuat dari bahan kayu yang keren.

Untuk cara memainkan alat musik ini gampang! Hanya kalian pukul aja dengan alat pemukul yang khusus dibuat untuk gong. Sering kali dimainkan ketika saat akhir lagu. Harga gong sekitar Rp 1.715.000

5. Kendang

Alat musik kendang
Gambar kendang


Alat Musik Jawa Tengah yang selanjutnya adalah Kendang. Merupakan salah satu alat musik gamelan yang punya peranan sangat penting dalam instrumen. Lebih tepatnya berfungsi sebagai pengatur ritme, jadi nggak heran kalau suara kendang terus berbunyi.

Kalian ingin mencoba alat musik ini? Gampang! Kalian tabuh pada kedua bagian menggunakan tangan tanpa alat bantu lainnya, tapi jangan heran kalau menyesuaikan iramanya nggak gampang. Jadi nggak salah kalau pemain gamelan profesional yang memainkan.

Alat musik ini merupakan alat musik tradisional yang unik. Sebab cara memainkannya tidak ada nada dasarnya, bahkan bisa dikatakan pakai naluri pemain kendang itu sendiri. Wow kan?

Oleh sebab itu, kendang bunyinya akan beda-beda. Ketika dimainkan satu pemain dengan pemain lainnya. Selain itu juga nuansa yang akan dimainkan akan beda. Harga kendang sekitar Rp 2.079.000

6. Slenthem

Alat musik slenthem
Gambar slenthem


Mungkin agak asing alat musik yang satu ini bagi kalian. Alat musik Jawa Tengah yang satu ini berbentuk unik. Sedang untuk cara memainkannya yaitu dipukul. Alat musik Slenthem ini terdiri dari lembaran logam tipis, setelah itu diuntai dengan tali dan direntangkan di atas kotak resonator, sehingga ketika dipukul bakalan menghasilkan suara yang khas banget.

Sama dengan yang sebelumnya, alat musik ini bagian dari satu set instrumen musik Gamelan. Kalian juga bisa menyebut Slenthem dengan nama gender panembung, Ha? Kok unik gitu ya namanya.

Alat musik ini memiliki 2 versi nada. Pertama versi slendro dan kedua adalah versi pelog. Pada wilahan jika kalian pukul baklaan bergetar dan menciptakan suara yang khas. Harga slenthem sekitar Rp 7.500.000

7. Saron

Alat musik saron
Gambar saron


Okay, next! Alat musik yang bernama Saron. Satu dari alat musik yang masuk dalam keluarga instrumen alat musik balungan. Dalam instrumen musik gamelan, sering kali ada ada 4 saron, dan semuanya memiliki versi slendro dan pelog. Ya nadanya memang itu aja.

Alat musik yang satu ini memiliki nada oktaf yang tinggi dari pada demung. Padahal bagian dari saron lebih kecil nada oktafnya. Sehingga, memunculkan suara yang beda dan bakalan jelas terdengar ketika instrumen balungan dimainkan.

Kalian ingin memainkannya? Nada dihasilkan dari tabuhan secara bergantian dari saron 1 dan saron 2, kemudian keras lemahnya serta cepat lambatnya tergantung dari komando kendang. Jadi ada patokan musik dari gendingnya. Harga saron sekitar Rp 3.800.000

8. Gambang

Alat musik gambang
Gambar gambang


Lanjut pada alat musik instrumen orkes kembang kromong. Namanya adalah Gambang. Satu dari banyak alat musik tradisional dari jawa tengah. Gambang ini memiliki sumber nada dengan jumlah 20 buah. Dibuat dari bambu atau kayu dengan bentuk yang unik banget.

Ketika kalian lihat Bentuk dari resonatornya, memang mirip dengan perahu yang pada bibir kotak. Kemudian juga terlihat beberapa bilah kayu nada persegi empat panjang dan ripis.

Di ujung pangkal resonator, terpancang bentuk piramid. Fungsinya sebagai penutup bagian ujung pada pangkalnya.

Bilah yang punya nada terendah bentuknya paling panjang dan lebar. Sedang bilah nada tinggi memiliki bentuk yang tebal, sempit, dan pendek. Harga alat musik gambang sekitar Rp 1.700.000

9. Suling

Alat musik suling
Gambar suling


Kalian pasti sudah tahu alat musik yang satu ini, yups suling. Penggunaannya sudah sangat masif, bahkan tak dalam musik tradisional aja. Suling ini bisa membius banyak orkestra, memang alat musik yang satu ini unik dan menarik.

Kalau di daerah Jawa Tengah, Suling ini merupakan alat musik dari keluarga alat musik dengan cara ditiup. Instrumen ini terbuat dari kayu ataupun terbuat dari bambu. Memiliki suara yang sangat lembut dan sering kali dipadukan dengan alat musik lainnya.

Tapi di zaman modern ini, sudah ada suling modern yang kebanyakan tak terbuat dari bambu, tetapi dari tembaga dan logam. Akan tetapi fungsi dan jenis suara yang dihasilkan hampir sama kok. Unik dan khas. Tak dimiliki alat musik lainnya. Harga Suling sekitar Rp 19

000. Berikut ini adalah video cara memainkan suling


10. Kempul

Alat musik kempul
Gambar kempul


Selanjutnya yaitu Kempul, merupakan bagian dari instrumen Gamelan. Dimainkan dengan cara ditabuh. Alat musik yang satu ini sering kali digantung di samping gong, pas pementasan.

Bentuk serta cara permainannya pun hampir sama dengan Gong. Tak heran kalau banyak yang mengatakan kempul adalah anak gong, lucu ya, alat musik punya anak. Hehe…

Ukurannya memang lebih kecil dari gong memainkan nada yang sama dengan balungan. Selain itu juga memiliki bentuk sama dengan alat musik gong, hanya aja ukurannya lebih kecil. Sedang untuk karakter suara kempul ini, lebih tinggi dari pada gong. Ya mungkin disebabkan ukuran yang lebih kecil bakalan menghasilkan suara yang lebih tinggi. Logis bukan? Harga kempul sekitar Rp 9.900.000

11. Gender

Alat musik gender
Gambar gender


Nah, kita lanjut pada alat musik tradisional Jawa Tengah yang nomor 11, yaitu Gender. Merupakan alat musik pukul dari logam bisa kalian sebut metalofon. Menjadi bagian dari gamelan Jawa dan Bali.

Kemudian, alat musik yang satu ini memiliki 10 sampai 14 bilah logam yang terbuat dari kuningan bernada. Dari jumlah logam itu, nada yang dihasilkan pun sangat berbeda-beda. Sebenarnya tergantung tangga nada yang digunakan juga sih.

Nah untuk instrumen gamelan Jawa ini memiliki tiga gender. Yakni slendro, pelog pathet nem dan lima, dan juga pelog pathet barang. Sehingga tak heran kalau suara ini terdengar unik dan bervariasi. Sangat cocok berbadu dengan alat musik gamelan lainnya. Harga gender sekitar Rp 1.750.000

12. Rebab

Alat musik rebab
Gambar rebab


Kita berlanjut pada Rebab. Merupakan salah satu alat musik yang lekat dengan penyebaran agama Islam di nusantara. Bentuk fisik dari Rebab ini panjang dan terdapat bulatan dari kayu. Berbentuk seperti tempurung, kemudian dilapisi oleh kulit binatang. Khas banget pokoknya.

Alat musik ini dimainkan dengan cara berbeda dan di tempat yang berbeda. Sering kali, Rebab juga dimainkan dengan cara dipetik. Akan tetapi di daerah lain juga bisa dimainkan dengan cara digesek.

Kemudian mempunyai 2 buah dawai dengan tangga nada pelog dan slendro. Terkadang alat musik ini dimainkan secara bersamaan dengan instrumen musik Gamelan. Jadi meski penghias, alat musik ini cukup berperan ketika pementasan. Harga rebab sekitar Rp 900.000

13. Kenong

Alat musik kenong
Gambar kenong


Kita berlanjut pada Alat musik Jawa Tengah yang bernama Kenong. Biasa dimainkan dengan cara dipukul memakai alat pemukul khusus. Bagian ujung pemukulnya itu dibalut dengan kain. Fungsinya agar menciptakan suara yang lembut dan khas.

Alat musik yang satu ini memiliki fungsi sebagai penegas irama dan batas-batas getar, jadi, alunan bisa dikontrol secara otomatis. Nah bedanya dengan bonang apa? Alat musik ini lebih besar dari pada Bonang ya guys, kalian tak boleh menyamakannya.

Sering kali, dalam satu set instrumen Gamelan terdapat 6 buah Kenong yang dimainkan dengan baik, sehingga menciptakan perpaduan suara yang bagus dengan alunan yang nyaman untuk kalian dengarkan. Harga kenomg sekitar Rp 2.250.000. Berikut ini adalah video belajar memainkan kenong



14. Kentongan

Alat musik kentongan
Gambar kentongan


Kita lanjut pada alat musik yang pasti loe-loe semua ketahui. Namanya adalah Kentongan. Lho, bukannya kentongan itu alat musik universal milik pos ronda?

Jangan salah ya guys! Alat komunikasi tradisional masyarakat di zaman dulu ini adalah juga salah satu alat musik tradisional Jawa Tengah.

Di daerah lain, kentongan juga dikenal dengan nama Jedor. Sering kali, masyarakat memainkan alat musik yang satu ini ketika sedang melakukan pos kamling guna menjaga lingkungan dari maling, ya itu sudah biasa dan kalian tentu sudah tahu kan?

Kentongan terbuat dari bambu dengan dengan ukuran 1 sampai 2 meter. Biasanya dimainkan dengan cara dipukul dengan bambu atau kayu. Harga kentongan sekitar Rp 75.000

Nah, mungkin itu aja sih penjelasanku tentang Alat musik Jawa Tengah. Kalian sekarang sudah tahu ragamnya, selain itu juga keunikannya. Mulai dari bentuk fisik, suara, dan fungsinya dalam satu instrumen.

Kalian juga perlu tahu, kalau musik modern itu awalnya juga dari musik tradisional ya guys. Maka jangan salah, lebih cinta musik modern daripada musik tradisional. Ini adalah warisan leluhur kita yang harus kita lestarikan dan kita cintai. Berikut ini adalah video pertunjukan gamelan Jawa Tengah



Tidak ada komentar untuk "14 Alat Musik Jawa Tengah yang Unik dan Populer"