Widget HTML Atas

15 Keunikan Alat Musik Jawa dan Penjelasannya

15 Keunikan Alat Musik Jawa dan Penjelasannya

15 Keunikan Alat Musik Jawa dan Penjelasannya
Gambar alat musik tradisional Jawa


Jawa sebagai salah satu pulau besar di Indonesia dihuni oleh beragam suku yang memiliki alat musik tradisional khas masing-masing. Indonesia memiliki ragam seni dan budaya dengan keunikan pada setiap daerahnya. Mulai dari Pulau Kalimantan, Sulawesi, bali hingga pulau Jawa memiliki daya tarik tersendiri, seperti alat musik Jawa yang akan kita bahas kali ini.

Selain dari alat musik tradisional, pulau Jawa juga dikenal dengan kebudayaan, kuliner serta tarian tradisionalnya yang sangat menarik dan patut untuk dilestarikan.

Terbagi atas 6 buah provinsi, yaitu Jawa tengah, Jawa timur, Jawa Barat, Yogyakarta, Jakarta dan banten. Dan dari setiap provinsi tersebut memiliki perbedaan serta keunikan yang bisa kamu pelajari sebagai generasi pewaris.

Ada banyak sekali jenis kesenian di pulau Jawa yang bisa kita lihat di berbagai pertunjukan. Mulai dari acara pesta pernikahan hingga acara ritual keagamaan menjadi tempat dimana kesenian tradisional di Pulau Jawa masih terjaga hingga saat ini.

Alat Musik tradisional di Pulau Jawa

Melestarikan kebudayaan tradisional seperti belajar memainkan alat musik asli Indonesia merupakan kewajiban dari setiap generasi penerus pada sebuah Negara. Dengan cara ini, membuat kebudayaan yang menjadi ciri khas bangsa kita menjadi tidak hilang dan punah ditelan zaman.

Salah satu diantaranya adalah dengan melestarikan jenis- jenis alat musik di Indonesia, khususnya di pulau jawa yang keberadaannya hampir hilang digantikan oleh musik modern.

Nah, untuk lebih jelasnya mengetahui jenis alat musik apa saja yang ada di pulau Jawa, Dalam ulasan kali ini penulis akan memberikan informasi bermanfaat mengenai alat musik jawa, beserta penjelasannya supaya bisa kamu pelajari sendiri di rumah.

Alat Musik Banten

Banten merupakan salah satu provinsi di pulau Jawa. Meskipun termasuk ke dalam provinsi baru, namun banten memiliki banyak sekali kesenian dan juga alat musik yang wajib kita lestarikan. Beberapa jenis alat musiknya adalah:

1. Bedug

Alat musik bedug
Gambar bedug


Bedug merupakan salah satu alat musik tradisional banten yang memiliki bentuk menyerupai dengan gendang. Selain dijadikan alat musik, bedug juga dipakai sebagai tanda berkumandangnya adzan sholat.

Ukuran bedug jauh lebih besar dibandingkan dengan gendang, dan sebagai alat musik tradisional banten, keberadaan bedug masih digunakan hingga saat ini. Bahkan di seluruh daerah Indonesia, untuk menjadi pertanda datangnya waktu sholat.

Instrumen bedug sendiri terbuat dari bahan kayu dilapisi dengan kulit sapi atau kambing. Bedug memiliki nada suara rendah namun dapat terdengar hingga jarak jauh. Cara memainkannya dengan cara dipukul menggunakan kayu. Berikut ini adalah video cara menabuh bedug


2. Angklung Buhun

Alat musik angklung buhun
Gambar angklung buhun


Alat musik tradisional Banten berikutnya adalah angklung Buhun. Instrumen musik satu ini merupakan alat musik yang dianggap memiliki nilai sakral cukup tinggi oleh suku Baduy. Karena sering digunakan sebagai ritual di daerah Banten.

Angklung Buhun sendiri diketahui berasal dari kabupaten Lebak, dimana alat musik ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan suku Baduy yang ada disana.

Alat musik tradisional ini bisa dengan mudah kamu temukan di berbagai upacara adat. Diantaranya upacara ngaseuk atau upacara penanaman padi. Dimana upacara tersebut bertujuan memohon kelancaran hingga waktu panen tiba. Berikut ini adalah video cara memainkan instrumen musik angklung buhun


3. Bendrong lesung

Alat musik bendrong lesung
Gambar bendrong lesung


Alat musik tradisional berikutnya adalah Lesung. Dahulu, masyarakat banten mengenal Bendrong lesung sebagai sebuah kesenian yang seringkali digunakan dalam penyambutan masa panen.

Lesung digunakan sebagai alat musik dan dimainkan para wanita dengan semangat tinggi. Bahkan siapapun yang melihatnya akan terbawa oleh tarian juga semangat dari mereka ketika memainkan alat musik ini.

Tujuan dari diadakannya kesenian tersebut, tidak lain karena adanya ungkapan rasa syukur masyarakat Banten pada panen raya yang sedang terjadi.

Alat musik ini terbuat dari kayu dengan suara mirip alat perkusi. Tapi sayangnya kesenian ini hampir hilang akibat dari perubahan zaman dan teknologi saat ini. Berikut ini adalah video cara memainkan instrumen bendrong lesung


Alat musik tradisional Jawa Barat

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Pulau jawa yang memiliki keanekaragaman budaya cukup banyak. Mulai dari jenis tarian tradisional, upacara adat hingga alat musiknya sangat menarik untuk dibahas. Beberapa diantaranya adalah:

1. Angklung

Alat musik angklung
Gambar angklung


Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional Jawa Barat yang berkembang pesat di tanah pasundan. Alat musik ini memiliki nada ganda dengan cara memainkannya adalah digoyangkan hingga mengeluarkan sebuah nada.

Alat musik angklung terbuat dari bahan kayu atau bambu, dimana nada yang dihasilkan berasal dari benturan atau gesekan antara bambu- bambu tersebut.

Setiap potongan bambu dapat mengeluarkan nada yang berbeda- beda, sesuai dengan ukuran bambunya. Dan perlu kamu ketahui juga, alat musik khas Jawa Barat ini sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia di tahun 2010.

2. Alat musik Calung

Alat musik calung
Gambar calung


Sepintas alat musik ini memang memiliki kemiripan dengan angklung, namun yang membedakan dari kedua alat musik jawa ini adalah dari cara memainkannya.

Angklung dimainkan dengan cara digoyang- goyangkan menggunakan tangan. Sedangkan instrumen calung cara memainkannya adalah dengan cara dipukul pada bagian ruas bambu hingga mengeluarkan sebuah nada.

Calung memiliki dua jenis, yaitu calung jinjing dan calung rantay. Untuk calung jinjing berbentuk deretan bambu yang memiliki nada disatukan pada sebilah bambu kecil.

Sedangkan calung rantay merupakan deretan bilah tabung yang tersusun dari ukuran paling besar hingga ukuran kecil dengan jumlah 7 buah ruas. Berikut ini adalah tutorial cara memainkan calung


3. Alat musik Suling

Alat musik suling
Gambar suling


Alat musik berikutnya adalah Suling atau Seruling. Suling merupakan salah satu alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan cara ditiup. Terbuat dari bahan bambu, alat musik ini sering dijadikan pengiring pada set gamelan.

Di bagian atas suling terdapat lubang yang dapat mengeluarkan nada sesuai dengan keinginan. Pada masyarakat Jawa Barat sendiri, suling dengan jumlah 4 sampai dengan 6 buah lubang merupakan suling paling sering digunakan.

Alat musik tradisional DKI Jakarta

Meskipun termasuk kota dengan moderenisasi paling tinggi di Indonesia, DKI Jakarta memiliki kebudayaan tradisional wajib untuk dilestarikan. Mulai dari kesenian betawi hingga jenis alat musik tradisional yang hingga kini masih ada dan dapat bertahan.

1. Gambang kromong

Alat musik gambang kromong
Gambar gambang kromong


Alat musik tradisional pertama yang ada di daerah DKI Jakarta adalah Gambang Kromong. Alat musik satu ini seringkali dimainkan pada berbagai acara orkes betawi. Nama lain dari gambang kromong ini adalah Tradisi Cina Benteng.

Gambang kromong menyuguhkan musik tradisional khas betawi, dimana di dalam alat musik tersebut terdapat percampuran antara etnis tionghoa dan juga pribumi.

Sebagai salah satu alat musik Jawa, tentunya gambrang kromong ini wajib dilestarikan menjadi warisan sejarah musik tradisional Indonesia. Gambang kromong juga seringkali ditemui di berbagai acara tradisional betawi.

2. Alat musik Marawis

Alat musik marawis
Gambar marawis


Marawis merupakan alat musik daerah DKI Jakarta yang hingga saat ini keberadaanya masih ada. Alat musik marawis seringkali digunakan pada perayaan tertentu, seperti acara keagamaan dan pernikahan adat Betawi.

Sekilas alat musik ini memiliki persamaan dengan alat musik rebana, apalagi cara memainkannya pun memiliki kesamaan, yaitu dengan cara dipukul menggunakan tangan kanan.

Dalam sebuah pertunjukan marawis, biasanya ada satu orang yang menjadi pengiring lagu, selain itu pengiring lain berupa ondel- ondel dan penggunaan atribut seragam serta peci menjadi ciri khas musik tradisional betawi ini. Berikut ini adalah video memainkan marawis


3. Alat musik Gender

Alat musik gender
Gambar gender


Alat musik betawi berikutnya adalah Gender. Dimana alat musik ini seringkali dihadirkan pada perangkat gamelan. Gender termasuk ke dalam musik metalofon, dimana alat musik ini terbuat dari logam dan memainkannya dengan cara dipukul.

Pada alat musik Gender, di dalamnya terdapat 14 bilah kuningan, yang memiliki nada berbeda- beda. Alat musik gender hampir sama dengan dengan jenis gamelan di bali dan slenthem di Jawa.

Alat musik ini tidak bisa dimainkan tunggal, karena biasanya dimainkan dengan alat musik lainnya. khususnya pada acara pernikahan adat dan tari topeng betawi.

Alat musik tradisional Jawa timur

Provinsi Jawa Timur terkenal dengan kesenian reog ponorogonya. Selain kesenian tersebut, salah satu provinsi di pulau Jawa ini, memiliki berbagai jenis alat musik tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu. Beberapa diantaranya adalah :

1. Alat Musik Bonang

Alat musik bonang
Gambar bonang


Alat musik bonang dikenal sebagai alat musik asal Jawa tengah dan juga Bali. Namun ternyata, di daerah Jawa timur pun memiliki jenis alat musik yang terbuat dari logam tersebut.

Bonang seringkali digunakan sebagai pengiring musik gamelan di pulau Jawa. Cara memainkannya sendiri adalah dengan cara dipukul di bagian atasnya yang menonjol dengan menggunakan bindhi.

Di Pulau Jawa sendiri ada tiga buah jenis Bonang yang cukup terkenal, diantaranya adalah Bonang panerus, Bonang Barung dan juga Bonang Panembung. Dari ketiga jenis bonang tersebut tentunya bisa mengeluarkan nada suara berbeda- beda.

2. Alat musik kempul

Alat musik kempul
Gambar kempul


Alat musik kempul biasanya dapat ditemukan di berbagai pertunjukan musik gamelan. Bentuk dari alat musik jawa ini sekilas memang mirip dengan gong, namun memiliki ukuran yang jauh lebih kecil.

Dalam sebuah pertunjukan musik gamelan, kempul sendiri memiliki fungsi sebagai penegas melodi dalam sebuah lagu. Dimana dengan alat musik ini bisa menghasilkan nada suara tinggi, bahkan dibandingkan dengan gong.

Kempul yang digunakan dalam set gamelan biasanya ada 10 buah. Dan setiap masing- masing kempul bisa menghasilkan nada suara berbeda- beda. Cara memainkan kempul dengan cara dipukul menggunakan kayu dilapisi dengan kain.

3. Alat musik Angklung Caruk

Alat musik Jawa Timur berikutnya adalah Angklung Caruk. Angklung caruk sendiri awal perkembangannya ada di daerah Banyuwangi. Sama seperti jenis angklung di Jawa barat, instrumen ini juga terbuat dari bahan potongan bambu.

Kehadiran angklung caruk ini sebagai salah satu apresiasi masyarakat banyuwangi yang bangga akan kesenian daerah miliknya.

Angklung caruk sendiri memiliki arti dua buah kelompok kesenian bertemu dalam satu panggung. Dan untuk harmonisasi nadanya sendiri, membutuhkan dua kelompok yang saling berkompetisi memainkan angklung. Berikut ini adalah video cara memainkan angklung caruk


Alat Musik DIY Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta termasuk daerah dengan budaya tradisionalnya yang masih sangat kental. Ada banyak kesenian tradisional asli milik DIY Yogyakarta seperti tarian, budaya, upacara adat hingga alat musiknya masih tetap terjaga hingga saat ini.

1. Gamelan

Alat musik gamelan
Gambar gamelan


Gamelan merupakan alat musik khas jawa yang terkenal hingga ke luar negeri. Dalam pertunjukan gamelan, biasanya terdapat berbagai jenis ensambel musik dengan bentuk dan jenis berbeda- beda.

Mulai dari gendang, gong, metalofon, gambang, kempyang dan masih banyak jenis ensambel lain. Selain terkenal di wilayah Yogyakarta, musik gamelan juga dikenal di berbagai daerah seperti bali, Lombok dan juga Madura.

Sebenarnya istilah gamelan merupakan sebuah permainan musik yang terdiri dari kesatuan utuh alat- alat musik. Dimana alat tersebut dibunyikan secara bersama- sama. Di wilayah Jawa gamelan bisa ditemukan di berbagai acara kesenian adat.

2. Demung

Alat musik tradisional demung
Gambar demung


Demung merupakan alat musik yang biasanya ditemukan pada sebuah set gamelan. Alat musik ini sebenarnya masih satu keluarga dengan balungan. Dalam alat musik demung umumnya ada dua versi, slendro dan juga versi pelog.

Dibandingkan keluarga balungan lainnya, alat musik demung memiliki nada suara dengan oktaf paling rendah. Alat musik ini terbuat dari logam kuningan dan untuk cara memainkannya sendiri dengan cara dipukul menggunakan alat khusus. Berikut ini adalah video cara memainkan demung


3. Krumpyung

Alat musik tradisional krumpyung
Gambar krumpyung


Alat musik berikutnya yang berasal dari DIY Yogyakarta adalah krumpyung. Alat musik krumpyung terbuat dari bambu dan memiliki nada suara mirip dengan gamelan atau nada pentatonic.

Krumpyung sendiri merupakan alat musik asli kulonprogo yang dimainkan dengan berbagai iringan alat musik lainnya. seperti demung, saron, peking, gendang dan alat musik lainnya.

Krumpyung seringkali dipentaskan di berbagai festival dan juga resepsi acara pernikahan serta acara khitanan. Tidak hanya dikenal di wilayah yogya saja ternyata, karena alat musik ini dikenal hingga ke mancanegara. Berikut ini adalah video cara memainkan krumpyung


Demikianlah ulasan mengenai artikel alat musik Jawa. Mulai dari macam- macam alat musiknya, seperti gamelan, bonang, calung, dan angklung, hingga penjelasan singkat mengenai jenis instrumen tersebut.

Dengan adanya informasi diatas diharapkan kamu bisa lebih paham mengenai alat musik jawa, dari wilayah timur hingga ke barat yang memiliki variasi jenis instrumen berbeda- beda.

Tidak ada komentar untuk "15 Keunikan Alat Musik Jawa dan Penjelasannya"