Widget HTML Atas

16 Alat Musik Gesek Paling Populer di Indonesia dan Dunia

16 Alat Musik Gesek Paling Populer di Indonesia dan Dunia

Macam-macam alat musik gesek di dunia
Gambar macam-macam alat musik gesek


Pengertian alat musik gesek adalah jenis instrumen musik yang cara memainkan ya digesek, salah satu contohnya adalah biola. Sebetulnya banyak jenis dan nama alat musik gesek di dunia dan sering dipakai untuk mengiringi suatu acara modern dan tradisional. Pada kesempatan kali ini, saya akan ngebahas beberapa alat musik gesek yang sudah populer. Lho, kalau udah populer kenapa harus dibahas? Ya agar kalian semakin paham dengan detail dari berbagai alat musik yang nanti aku jelasin.

Sehingga, pengetahuan tentang alat musik kalian semakin bertambah, dari mulai nama, jenis dan bahan pembuatan alat musik gesek tersebut. Sebab tak bisa dipungkiri juga, bahwa alat musik adalah sebuah teman kehidupan manusia yang keberadaannya selalu ada di setiap zaman dan di semua situasi serta kondisi.

Selain biola, ada banyak sekali alat musik dimainkan dengan cara gesek yang memiliki ciri khas, keunikan, dan tentunya dibuat dengan bahan yang tak biasa. Maka dari itu, kalian semua ini harus tahu. Sudah mulai penasaran dengan alat musik yang satu ini? Mari kita bahas rinciannya satu persatu.

Macam-macam alat musik gesek

Nah, kita sudah masuk ke pembahasan. Saya akan menerangkan berbagai alat musik (instrumen) gesek yang sudah populer di dunia ini. Mulai dari bentuk alat musik itu, cara membuatnya, dan tak lupa pula cara memainkannya, kalau perlu juga sejarahnya. Pokoknya, kalian nggak boleh melewatkan satu kata pun dalam artikel ini. Hehe… Sehingga informasi yang kalian dapatkan nantinya penuh dan tidak terpotong-potong. Okay, kita masuk ke alat musik yang pertama.

1. Biola

Alat musik gesek biola
Gambar biola


Instrument gesek yang pertama ada Biola yang merupakan alat musik yang biasa dimainkan dalam sebuah pagelaran musik di dunia. Kalian pasti udah pernah kan melihatnya, beberapa video juga nunjukin betapa lihainya seseorang dalam memainkan alat yang satu ini. Biola berasal dari Italia dan alat untuk menggesek biola disebut bow yang terbuat dari surai atau rambut ekor kuda atau serat sintesis.

Banyak pagelaran musik yang menampilkan biola, mulai dari pertunjukkan orkestra, pagelaran musik pop, pagelaran musik jazz, dan bahkan juga pagelaran musik melayu. Jadi, kalian perlu tahu kalau alat musik yang satu ini sudah sangat masif digunakan.

Biola atau disebut juga violin terbuat dari kayu dan mempunyai 4 senar yang tentunya sudah diatur tata letaknya. Sehingga memiliki interval nada yang sempurna ketika kalian gesek atau mainkan. Tapi kalian jangan anggap ini gampang ya, sebab perlu ketelatenan dan latihan yang ekstra.

Sering kali pemain biola adalah perempuan yang disebut sebagai violinist, akan tetapi laki-laki nggak masalah juga sih. Berikut adalah video cara belajar biola.

2. Viola

Alat musik gesek viola
Gambar viola


Viola? Lho bukannya sama aja ya dengan biola. Perlu diketahui bahwa alat musik biola berbeda dengan biola, yaitu pada ukurannya. Memang sih, alat musik ini juga adalah salah satu bagian dari alat musik biola yang juga dimainkan dengan cara gesek.

Meskipun bentuknya tak beda jauh dari Biola, akan tetapi Viola mempunyai ukuran lebih besar dari biola. Dan tentunya mengeluarkan nada yang lebih rendah jika dibandingkan dengan nada yang dihasilkan oleh alat musik Biola, jadi kalian nggak boleh menyamakannya.

Alat musik Viola disebut juga biola alto ini masuk dalam golongan alat musik modern yang dimainkan oleh orang-orang modern. Jadi, nggak usah heran kalau banyak panggung musik viola yang mana penontonnya adalah orang-orang yang modern yang bergaya modern juga.

3. Lagia

Alat musik gesek lagia
Gambar orang main lagia


Kita lanjut pada Alat musik yang bernama Lagia. Sebuah instrumen musik asli Indonesia yang berasal dari daerah nias, nah alat musik yang satu ini termasuk tradisional ya guys. Jadi jangan salah kalau musik gesek itu hanya dimiliki oleh orang luar.

Sekilas, alat musik lagia memang tidak jauh beda dengan rebab atau biola, hanya bedanya dimainkan dengan diletakkan di atas permukaan tanah dengan posisi tegak vertikal.


4. Rabab

Alat musik gesek rabab
Gambar rabab


Rabab merupakan alat Musik tradisional yang dimainkan dengan cara menggesek yang berasal dari wilayah sumatera barat. Nah, sekarang kalian tahu kan, kalau alat musik gesek dari Nusantara ini banyak banget.

Alat musik ini terbuat dari kayu, memiliki dua buah dawai atau senar yang ketika digesek dengan alat khusus bakalan menghasilkan suara yang khas dan tentunya benar-benar bisa menghibur kalian semua.

Sedang, untuk cara memainkan alat musik yang satu ini hampir sama sih dengan alat musik gesek lainnya. Otomatis, kalian nggak bakalan bisa langsung profesional memainkan alat musik tradisional yang satu ini.

Rabab ini sering kali dimainkan dalam pagelaran hiburan rakyat. Tentunya digunakan untuk menghibur dan memeriahkan suasana pagelaran itu. Meskipun alat musik yang diadaptasi, Rabab tetap mendapat perhatian di sumatera barat.

5. Yangqin

Alat musik gesek yangqin
Gambar yangqin


Sekarang kita lanjut pada alat musik yang bernama Yangqin. Merupakan salah satu alat musik gesek dan pukul yang asalnya dari China. Suaranya bisa dikatakan nyaring dan ekspresif banget kuat.

Karena itu, nggak heran kalau memiliki kedudukan penting dalam sebuah pertunjukan musik tradisional. Sebab suara dari alat musik yang satu ini terlihat ketara banget.

Sejarah mencatat, kalau sebelum abad menengah di beberapa negara Arab di kawasan Timur Tengah sudah ada semacam alat musik yang dimainkan dengan cara memukul dawainya, alat yang dimaksud adalah Yangqin

Sekilas, bentuknya sih menyerupai meja. Akan tetapi memiliki instrumental nada yang kompleks sehingga bisa mengeluarkan suara yang khas. Berikut ini adalah video cara memainkan yangqin


6. Erhu

Alat musik gesek erhu
Gambar erhu


Erhu adalah alat musik gesek tradisional yang asli dari Tiongkok. Diketahui sudah ada sejak zaman Dinasti Tang, yaitu sekitar abad ke-7 sampai ke-10 Masehi. Ketika itu erhu lebih populer di antara rakyat etnis minoritas di beberapa bagian barat laut Tiongkok. Alat musik erhu sering kali dipakai sebagai alat musik utama dalam pertunjukan opera tradisional Tiongkok. Jadi sudah populer banget di kala itu.

Erhu memiliki bentuk yang sederhana, panjangnya 80 sentimeter dan mempunyai dua dawai. Pemain sering kali memegang erhu dengan tangan kiri, tangan kanan digunakan memegang penggesek. Sama seperti yang sebelumnya alat musik ini memiliki suara yang begitu ekspresif, sehingga unik banget.

7. Haegeum

Alat musik gesek haegeum
Gambar haegeum


Kita lanjut lagi pada alat musik tradisional seperti yang sebelumnya, namanya Haegeum. Merupakan jenis alat musik yang sebenarnya bukan berasal dari Indonesia akan tetapi berasal dari tanah Oppa-Oppa alias Korea.

Bisa dikatakan, Haegeum adalah jenis rebab yang diadaptasi dari Cina. Bisa menghasilkan nada yang sambung menyambung, memberikan kombinasi memukau dengan instrumen petik lain seperti alat musik gayageum dan geomungo. Namanya Korea banget yah?

Bentuk dari alat ini unik, silinder di bagian bawah dengan bagian lehernya yang jenjang. Haegeum memiliki dua buah senar yang dimainkan dengan menggeseknya menggunakan busur.

Haegeum dimainkan dengan meletakkannya di pangkuan kalian, beda banget ketika kalian memainkan biola atau viola.

8. Sukong

Alat musik sukong
Gambar sukong


Okey, kita lanjut ke alat musik yang nomor 8 yaitu Alat musik yang bernama Sukong. Pada dasarnya, alat musik ini memiliki kesamaan bentuknya dengan rebab.

Meski bentuknya sama, akan tetapi suara yang dihasilkan dari alat musik sukong ini jauh berbeda dari rebab lho ya. Kalau kalian nggak percaya, silahkan cari di Youtube, untuk mendengarkan suara dari alat musik yang satu ini.

Sukong ini memiliki dua buah senar. Selain itu juga memiliki nada dasar G. Dalam pagelaran gambang kromong, sukong berada sebagai posisi nada bass. Kenapa kok Bass? Ya sebab suara yang dihasilkan dari alat musik ini terbilang rendah, jadi pantas banget kalau jadi basss.

9. Keso-Keso

Alat musik gesek keso-keso
Gambar keso-keso


Kita kembali ke Alat musik dalam negeri. Tepatnya berasal dari wilayah Sulawesi Selatan. Namanya adalah Keso-keso. Hah, kok unik gitu ya namanya? Kalian tentu belum pernah mendengarnya bukan?

Dawai yang dipakai alat ini untuk menggesek keso keso terbuat dari rambut hewan kuda, nah, kalian nggak pernah memikirkan hal ini bukan? Rambut kuda bisa dijadikan dawai, kurang kreatif gimana coba?

Meski terbilang memiliki cara memainkan yang sama dengan alat musik gesek lainnya, akan tetapi dibutuhkan keahlian khusus untuk menggesek keso keso ini. Jadi, kalian perlu latihan serius agar bisa memainkan alat musik ini. Sehingga nanti bisa menghasilkan nada-nada yang indah didengar orang lain. Berikut ini adalah video cara memainkan keso-keso


10. Arababu

Alat musik gesek arababu
Gambar arababu


Beberapa alat musik petik, memang bisa digunakan untuk gesek juga. Sebab keduanya memiliki satu kesamaan yaitu memiliki senar. Nah Arababu adalah alat musik tradisional yang berasal dari Maluku.

Kalau kalian ingin memainkannya, caranya tentu aja digesek. Beda dengan yang lainnya, Alat musik arababu ini hanya punya satu senar aja, jadi beda banget dengan Rebab yang memiliki 2 senar.

Alat musik ini juga memiliki batang pegang yang terbuat dari bambu. Kemudian juga tabung resonansi dari setengah sisi tempurung kelapa.

Ya memang sih, sekilas alat musik gesek ini hampir sama dengan Rebab, hanya saja untuk ukuran Arababu jauh lebih kecil dari Rebab.

11. Tehyan

Alat musik gesek tehyan
Gambar tehyan


Dari Maluku, kita beralih ke Ibukota Indonesia. Kalian mungkin berpikir kalau ibukota ini nggak punya adat istiadat atau hal tradisional yang patut dibanggakan. Hanya ada gedung, polusi, dan masalah. Lho-lho, jangan salah ya gens. DKI Jakarta punya alat musik gesek khas Jakarta yaitu tehyan.

Tehyan merupakan jenis alat musik tradisional yang sering kali dimainkan dalam pagelaran hiburan rakyat. Terbuat dari kayu berkualitas dengan bentuk unik. Kalau kalian ingin memainkan alat musik ini, tentunya ya tinggal menggeseknya aja.

Membaca step sih memang gampang, tapi ketika praktik langsung pasti bakalan tak semudah membayangkan. Hehe… jadi, kalian harus telaten dan bersabar ketika belajar memainkan alat musik yang satu ini.


12. Tarawangsa

Alat musik gesek tarawangsa
Gambar tarawangsa


Kita berlanjut ke alat musik yang bernama Tarawangsa. Kalau tadi Tehyan dari DKI Jakarta, terawangsa adalah alat musik gesek tradisional yang berasal dari wilayah Jawa Barat.Ya memang nggak jauh, bahkan berdekatan.

Sampai sini kalian harus menyadari, bahwa Indonesia ini benar-benar kaya budaya. Beda provinsi aja, alat musik sejenisnya aja sudah berbeda dan punya keunikan tersendiri.

Tarawangsa ini mempunyai dua buah dawai yang sering kali dibuat dengan kawat besi atau baja. Jadi, nggak sembarangannya. Fungsinya agar menghasilkan suara yang indah.

Cara memainkan alat musik yang satu ini gampang kok. Yaitu dengan menggesekkan dawai pada bagian alat musik tarawangsa dengan menggunakan senar yang ada di busur. Berikut ini adalah video cara memainkan tarawangsa


13. Rebab

Alat musik gesek rebab
Gambar rebab


Nah, ini ni alat musik yang sejak tadi disebutkan dan dibanding-bandingkan dengan alat musik lainnya. Namanya Rebab, salah satu alat musik tradisional yang juga dimainkan dengan cara yaitu digesek.

Dari namanya aja, kalian pasti udah bisa nebak kalau Alat musik rebab ini berasal dari daerah jazirah Arab. Biasanya dimainkan dalam sebuah acara pagelaran seni musik dari Betawi, selain itu juga sering dimainkan dengan alat musik gambang kromong.

Jadi, alat musik yang satu ini sudah sangat populer di mata masyarakat bahkan dunia. Kalian pun, aku jamin udah pernah dengar kata ‘rebab’ ini. Sama seperti yang sebelumnya, alat musik ini terbuat dari kayu khusus yang memiliki kualitas baik. Berikut ini adalah video cara memainkan rebab


14. Arbab

Alat musik gesek arbab
Gambar arbab


Kalau tadi Rebab, ada lagi musik tradisional gesek yang bernama Arbab. Kalau tadi dari Jazirah Arab, alat musik ini berasal dari Sumatera, tepatnya daerah Aceh.

Alat musik yang satu ini sering kali dimainkan ketika ada acara pagelaran hiburan rakyat. Arbab sudah populer serta berkembang dari daerah Aceh Barat, Aceh Tengah dan juga wilayah piddie.

Alat musik yang satu ini dibuat dari tempurung kelapa. Sedangkan pada di bagian dawai geseknya dibuat dari bahan serat rotan kalau nggak ya kayu.

Meskipun terlihat mudah untuk memainkan alat musik ini, akan tetapi kalian butuh keahlian khusus agar bisa menghasilkan nada yang sesuai dengan keinginan.

15. Cello

Alat musik gesek cello
Gambar orang main cello


Kita lanjut ke alat musik modern yang digesek bernama Cello yang sering kali disebut Violoncello. Alat musik gesek yang satu ini pada dasarnya masih satu keluarga dengan biola. Cello mempunyai ukuran yang lebih besar dari biola akan tetapi lebih kecil dari Contre Bass.

Ukuran dari alat musik yang satu ini memang cukup besar, terkadang juga dimainkan dengan cara diletakkan di Lantai kemudian digesek dalam keadaan berdiri.

Alat musik yang satu ini sering kali dimainkan pada musik klasik di Eropa. Akan tetapi di Indonesia memang terlihat jarang banget memakai alat musik ini. Sebab bunyi yang dihasilkan tidak pas dengan alunan musik tradisional Indonesia.

16. Contre Bass

Alat musik gesek contre bass
Gambar contre bass


Pada posisi terakhir ini ada Alat musik Contre Bass, yang merupakan alat musik gesek keluarga Biola yang paling besar. Selain digesek, alat musik ini juga bisa dimainkan dengan cara dipetik dawainya secara langsung.

Alat musik yang satu ini sering kali dipakai untuk mengiringi musik jazz, orkestra, musik bluegrass, country, dan musik rockabilly, pokoknya jenis musik yang notabenenya modern dan dari luar negeri.

Alat musik satu ini sering kali dimainkan di setiap pertunjukan di berbagai negara di Eropa dan Latin. Penggunaan alat musik ini di Indonesia memang tidak begitu meriah seperti di Eropa, mungkin corak musik Indonesia berbeda dengan Contre Bass ini.

Nah, mungkin itu aja dulu penjelasanku tentang alat musik gesek yang populer di Indonesia dan dunia yang harus kalian ketahui. Jadi, sekarang kalian sudah tahu beberapa alat musik jenis ini. Hanya tinggal mencobanya aja, ya mungkin kalau kalian main-main ke daerah yang punya alat musik itu.

Selain itu, pengetahuan kalian sekarang juga bertambah. Ada alat musik gesek tradisional dan modern, ada yang dari luar negeri ada yang dalam negeri. Selain biola juga ada rebab, arbab, tehyan, dan lain-lain.

Tidak ada komentar untuk "16 Alat Musik Gesek Paling Populer di Indonesia dan Dunia"